SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

BOGOR — Pusat Inkubator Bisnis (Incubie) IPB bekerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UKM  sediakan outlet untuk  Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memasarkan produk-produknya.

Selain itu untuk membantu meningkatkan pemasaran produk juga telah  diluncurkan website pemasaran produk  e-market  yang beralamat di e-market.ipb.ac.id <http://e-market.ipb.ac.id/> . Peluncuran dilakukan sekaligus dengan Bimbingan Teknis Perijinan Usaha Bagi UMKM.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

“Dengan adanya outlet pemasaran bersama  ini , diharapkan dapat meningkatkan omset para tenant,” kata  Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat IPB, Prof. Bambang Pramudya, Sabtu (20/4/2013).

Selain itu Prof.Bambang mengharapkan UMKM ini juga nantinya tidak hanya dapat menguasai pasar dalam negeri tapi juga dapat merambah ke pasar luar negeri.

Sementara itu, Kepala Pusat Inkubator Bisnis, Prof. Memen Surahman menjelaskan lokasi outlet yang disediakan untuk tenant cukup strategis.

“Kami menyiapkan outlet UMKM binaan IPB sebagai  sentra oleh-oleh Bogor yakni di Jalan Sukasari 1 No.12 A. Outlet yang disediakan ini dapat digunakan oleh tenant untuk memasarkan produknya dan  pengelolaannya dilakukan bersama Koperasi Inkubator Bisnis IPB, “ tandasnya.

Terkait pemasaran, Prof. Memen mengaku sebagian UMKM binaan Incubie IPB sudah mulai memiliki jangkauan pemasaran yang luas mulai dari wilayah Jabodetabek, Sukabumi, Cianjur, bahkan beberapa produk UMKM binaan  memasarkan produknya di beberapa provinsi di Indonesia.  Selain itu, pangsa pasar ekspor juga mulai dibidik.

Namun disampaikannya bagi  UMKM yang masih terkendala dengan pemasaran, e-market dan outlet bersama ini diharapkan dapat membantu. Selain itu dengan bimbingan teknis dari Badan Perijinan Kabupaten Bogor, diharapkan peserta yang belum melakukan perijinan usaha dapat segera memprosesnya.

Dalam e-market  juga dipasarkan seluruh produk UMKM  binaan IPB seperti  tepung ubi jalar, abon cabe, coklat praline, olahan daging kelinci, es kelapa kemasan,  keripik jamur, bakso jamur, bandrek bajigur instant dan sebagainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya