SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

MANGKRAK--Intalasi pengolahan air (IPA) bersih yang mangkrak di Desa Sukabumi, Kecamatan Cepogo, Kamis (24/11/2011). (JIBI/SOLOPOS/Farida Trisnaningtyas)

Boyolali (Solopos.com)–Krisis air masih melanda sejumlah kawasan di lereng Merapi. Akan tetapi, instalasi pengolahan air (IPA) bersih atau water treatment plan (WTP) yang terletak di Desa Sukabumi, Kecamatan Cepogo justru mangkrak.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kondisi IPA itu sendiri sangat memprihatinkan. Bagian pintu gerbang dan pagar terlihat rusak dan tak terawat. Begitu halnya dengan kondisi bangunan yang besar namun tampak lusuh dan kotor.

Di kompleks yang sama, terdapat alat IPA berupa bak penampungan raksasa sekitar 12 x 15 meter persegi dan tingginya sekitar tujuh meter yang tak terpakai.

“Kami kurang tahu perihal instalasi ini. Bangunan itu mangkrak sudah sangat lama dan tidak berfungsi. Bahkan, katanya banyak peralatan yang hilang,” jelas salah satu warga setempat, Sumardi saat ditemui wartawan, Kamis (24/11/2011).

Dia menambahkan mangkraknya pengolahan air bersih ini membuat miris. Pasalnya, banyak warga sangat mengharapkan air bersih terlebih pipa-pipa air hilang terkena banjir lahar hujan.

Sementara itu, Direktur teknik PDAM Boyolali, Joko Santoso mengatakan pembangunan WTP di Sukabumi ini merupakan proyek Kementerian Pekerjaan Umum. Proyek tersebut menelan biaya senilai Rp 9 miliar. Sedangkan pembangunannya dimulai pada 2002 silam.

“Akan tetapi, hingga saat ini proyek belum diserahkan kepada PDAM Boyolali. Sehingga kami juga tidak berwenang untuk menanganinya. Memang sangat disayangkan jika instalasi sebesar itu mangkrak,” tuturnya.   Dijelaskannya, WTP tersebut sempat beroperasi meski hanya sebentar.

(rid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya