SOLOPOS.COM - International Organization for Migration (IOM) gelar Forum Sharing Pencapaian dan Peningkatan Jejaring (Shape Forum), Kamis (20/12/2012) di Ballroom The Phoenix Hotel Jogja. (JIBI/Harian Jogja/Holy Kartika N.S)

International Organization for Migration (IOM) gelar Forum Sharing Pencapaian dan Peningkatan Jejaring (Shape Forum), Kamis (20/12/2012) di Ballroom The Phoenix Hotel Jogja. (JIBI/Harian Jogja/Holy Kartika N.S)

JOGJA—Dalam upaya pemulihan masyarakat yang terkena dampat bencana erupsi Gunung Merapi, International Organization for Migration (IOM) gelar Forum Sharing Pencapaian dan Peningkatan Jejaring (Shape Forum), Kamis (20/12/2012) di Ballroom The Phoenix Hotel Jogja.

Promosi BRI Pastikan Video Uang Hilang Efek Pemilu untuk Bansos adalah Hoaks

“Melalui forum ini kami ingin masyarakat di lereng Merapi ini dapat lebih mandiri untuk bangkit dari bencana,” kata National Program Manager IOM Diana Setiawati kepada Harian Jogja ditemui di sela-sela acara.

Ana mengatakan Shape Forum merupakan kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka Program Pemulihan Mata Pencaharian Pascaerupsi Merapi. Bekerja sama dengan The Indonesia Multi Donor Fund Facility for Disaster Recovery (IMDFF-DR), organisasi ini ingin mengembalikan kesejahteraan masyarakat yang terdampak erupsi.

“Mereka mungkin dulunya punya usaha, tapi saat bencana semua sudah tidak ada lagi. Kami ingin mendorong dan membekali mereka dengan program usaha kemandirian agar mereka dapat memulihkan perekonomian mereka,” ujar Ana.

Peserta dalam forum ini merupakan Tim Promosi Desa. Pembentukan tim ini adalah sebagai tim yang bertugas untuk mempromosikan produk industri rumah tangga dari masyarakat di empat desa yaitu Desa Umbulharjo, Kepuharjo, Wukirsari dan Argomulyo di Kecamatan Cangkringan, Sleman.

Program ini juga didukung oleh beberapa mitra usaha antara lain BakpiaPia, Asosiasi Pengusaha Tour dan Travel (Asita), Paguyuban Malioboro, Paguyuban Angkringan Malioboro dan beragam mitra usaha lainnya.

“Kami berharap melalui forum ini dapat menjadi media penguat kemitraan antara kelompok usaha industri rumah tangga yang kami dampingi bersama beberapa mitra usaha, dapat membantu pengembangan usaha mereka,” pungkas Ana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya