IOC Pilih Brisbane, Indonesia Gagal Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Brisbane memenangkan voting setelah dianggap calon tunggal yang mendapat dukungan Future Host Commission IOC.

 Bendera Olimpiade. (IOC)

SOLOPOS.COM - Bendera Olimpiade. (IOC)

Solopos.com, SOLO—Brisbane, Australia, keluar sebagai pemenang dalam persaingan sebagai tuan rumah Olimpiade 2032. Keputusan Komite Olimpiade International (IOC), Rabu (21/7/2021), tersebut sekaligus memupus harapan Indonesia untuk menjadi tuan rumah pesta olahraga dunia pada tahun tersebut.

IOC mengumumkan kabar ini lewat akun Twitter resmi mereka, @iocmedia. Dalam keterangannya disampaikan Brisbane resmi menjadi tuan rumah setelah mengadakan pemungutan suara yang berlangsung di Jepang pada Rabu (21/7/2021).

Brisbane memenangkan voting setelah dianggap calon tunggal yang mendapat dukungan Future Host Commission IOC. Sementara itu, Indonesia yang berstatus sebagai continues dialog gagal mengamankan tempat.

Baca Juga: Rio Waida Dipercaya Bawa Merah-Putih di Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020

Pada proses voting, IOC hanya bertanya tentang setuju atau tidaknya Brisbane menjadi tuan rumah. Hasilnya, 72 suara menyatakan setuju, sementara lima voting menolak. Proses penghitungan suara pun dilakukan kepada 80 peserta dengan voting 77 dianggap sah.

Keputusan ini menghebohkan Perdana Menteri Australia, Scott Morrison. Ia mengatakan keputusan itu akan menjadi hari yang bersejarah, tepatnya bagi Kota Brisbane.

“Ini adalah hari bersejarah tidak hanya untuk Brisbane dan Queensland, tetapi untuk seluruh negara. Hanya kota-kota global yang dapat mengamankan Olimpiade, jadi ini adalah pengakuan yang tepat untuk posisi Brisbane di seluruh kawasan kami dan dunia,” ucap Morrison, mengutip dari Reuters, Rabu (21/7/2021).

Baca Juga: Hilang 4 Hari dari Kamp Olimpiade Tokyo 2020, Atlet Uganda Akhirnya Ditemukan

Ketua Komite Olimpiade Australia, John Coates, yang juga Wakil Presiden IOC menyambut antusias. Bahkan, ia berjanji akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan ketika atlet datang ke Brisbane untuk mengikuti Olimpiade 2032.

“Olimpiade di Brisbane akan berada di tangan [penyelenggara] yang paling rajin, bersyukur, dan antusias. Saya membuat komitmen ini untuk para atlet dunia, kami akan memberi Anda pengalaman yang tak terlupakan,” tutup Coates.


Berita Terkait

Berita Terkini

Tutup Putaran Pertama, Hizbul Wathan Targetkan Poin Penuh

Kedua tim berebut memenangkan laga ini untuk menutup putaran pertama tidak sebagai juru kunci klasemen.

Panen Sanksi, PSG Pati Pincang saat Hadapi Hizbul Wathan

Tim milik Youtuber Atta Halilintar yang kini bernama AHHA PS Pati itu berada di dasar klasemen dengan koleksi satu poin.

Keren, Gelandang Persis Solo Jadi Kapten Timnas Indonesia

Gelandang Persis Solo, Mohamad Kanu Helmiawan, mendapat panggilan pemusatan Timnas Indonesia U-23 sebagai persiapan kualifikasi Piala Asia U-23  2022.

Ini Hlo, 2 Pemain Persebi Boyolali yang Bobol Gawang PSCS Cilacap

Dua pemain menjadi pahlawan kemenangan Persebi Boyolali saat menundukkan PSCS Cilacap dalam laga persahabatan.

Gantikan Teguh Prakosa, Janjang Janji Gas Pol Pimpin ISSI Solo

Politikus PDIP, Janjang Sumaryono Aji, siap gas pol seusai dilantik sebagai Ketua Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Solo periode 2021-2025.

Prediksi Manchester United vs Liverpool: Salah Momok Setan Merah

Manchester United akan menghadapi tantangan Liverpool dalam lanjutan pekan kesembilan Liga Premier Inggris di Old Trafford, Minggu (24/10/2021) pukul 22.30 WIB.

Prediksi Barcelona vs Real Madrid: Era Baru El Clasico!

Partai panas antara Barcelona melawna real Madrid akan tersaji di Liga Spanyol, Minggu (24/10/2021) pukul 21.15 WIB.

Liga 1 dan Liga 2 Bisa Ditonton di Stadion? Ini Jawaban Menpora

Menpora dan PSSI sepakat menyebut pelaksanaan kebijakan untuk menghadirkan penonton di stadion saat pertandingan Liga 1 dan Liga 2 musim 2021-2022 masih membutuhkan waktu.

Edaaan! Chelsea Lumat Norwich City 7-0

Chelsea memetik kemenangan besar atas Norwich dalam lanjutan Liga Premier Inggris.

Praveen/Melati Gagal ke Final Denmark Open 2021

Pasangan ganda campuran Indonesia, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, gagal melaju ke babak final Denmark Open 2021.

Kejutan! Rival Persis Solo Dibekuk Persebi Boyolali di Laga Uji Coba

Persebi Boyolali secara mengejutkan mampu menaklukkan PSCS Cilacap dalam laga uji coba. Persebi menang dengan skor tipis 2-1.

Steven Gerrard Dilirik Newcastle United

Posisi pelatih Newcastle United masih kosong menyusul dipecatnya Steve Bruce pada Rabu (20/10/2021) waktu setempat.

Prediksi Chelsea vs Norwich: Putar Otak Cari Ujung Tombak

Chelsea akan menghadapi tantangan Norwich City dalam lanjutan pekan kesembilan Liga Premier Inggris.