Investor Swasta Lirik Potensi Wisata Wonogiri, Ini Respons Bupati Jekek

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, merespons kehadiran investor swasta di bidang wisata untuk ikut membangun destinasi wisata di wilayah tenggara Provinsi Jawa Tengah itu.

 Pesawat jet bekas pakai terparkir di tempat wisata Istana Parnaraya, Dusun/Desa Kebonagung, Sidoharjo, Wonogiri, Senin (8/10/2019). (Solopos/Rudi Hartono)

SOLOPOS.COM - Pesawat jet bekas pakai terparkir di tempat wisata Istana Parnaraya, Dusun/Desa Kebonagung, Sidoharjo, Wonogiri, Senin (8/10/2019). (Solopos/Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI — Salah satu pengelola wisata sekaligus investor dari pihak swasta di Kabupaten Wonogiri berkomitmen ikut membangun destinasi wisata di wilayah tenggara Provinsi Jawa Tengah itu.

Dia, Parnaraya Group menyatakan kesiapan berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri apabila diminta. Namun demikian, hingga saat ini belum ada pembicaraan mengarah ke sana.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

General Manager Parnaraya Group, Endang Istriningsih, mengakui hal itu. Parnaraya Group merupakan kelompok yang membidangi lima destinasi wisata di Kabupaten Wonogiri. Mulai dari Istana Parnaraya, Kitagawa Pesona Bali, Museum Sewurai, Oto Trondolo, dan Girimanik Mountain Camp.

Saat ditemui Solopos.com di Wonogiri, Selasa (17/5/2022), Endang menyampaikan sang pemilik Parnaraya Group, Suparno, membangun sejumlah destinasi tersebut untuk ikut serta membangun Wonogiri.

Melalui pembangunan destinasi wisata, katanya, dapat menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar. “[Contohnya] semua karyawan [yang bekerja di tempat wisata bikinan Parnaraya Group] dari lingkungan masyarakat sekitar. Termasuk, petugas parkir yang mengambil dari pengurus karang taruna sekitar,” ucapnya.

Baca Juga : Sempat Viral! Ini Potret Indahnya Wisata yang Dijuluki “Istana Negara” di Wonogiri

Parnaraya Group bakal mendirikan dua destinasi tambahan. Pertama, Santri Azizah Parnaraya untuk mendidik santri berbisnis dan latihan manasik haji.

Kedua, perusahaan tersebut akan mempercantik Pantai Srau di Pacitan Jawa Timur. Dua destinasi tambahan itu saat ini dalam proses perizinan dan pembangunan.

Kehadiran Parnaraya Group di bidang wisata dinilai menjadi pembeda. Salah satu penyebabnya nuansa wisata modern memadukan budaya lokal setempat maupun Indonesia dapat ditemui di setiap destinasi bikinan Parnaraya Group.

Konsep tersebut menjadi daya tarik bagi pengunjung selama momen mudik Lebaran. “H+2 Lebaran paling banyak pengunjungnya. Peningkatan itu lebih banyak karena faktor pemudik yang sejak dua tahun lalu tidak boleh pulang,” katanya seperti dikutip dari channel YouTube Espos Indonesia dalam talkshow Wedangan Mas Warmin.

Baca Juga : Cek Lur! Ini Tempat Wisata Bernuansa Bali di Wonogiri dan Klaten

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, turut hadir dalam talkshow yang sama. Bupati menanggapi sejumlah upaya yang dilakukan Parnaraya Group terhadap wisata di Wonogiri.

“Kalau kita bicara wisata maka kita bicara investasi. Kalau bicara soal investasi, butuh kolaborasi. Para investor kita beri ruang seluas-luasnya. Perizinan dipermudah, iklim investasi dijaga. Termasuk, kearifan sosial kultur,” terang Bupati yang akrab disapa Jekek saat itu.

Bupati Jekek menyebut salah satu hasil poin kolaborasi yang dimaksud itu dapat dilihat dari penurunan tingkat pengangguran di Wonogiri. Berdasar data Badan Pusat Statistik (BPS), tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten Wonogiri pada 2021 turun ke angka 2,43 persen.

Angka itu, kata Jekek, menjadikan Wonogiri sebagai kota/kabupaten dengan tingkat pengangguran terbuka paling rendah se-Jateng.

Baca Juga : Kunjungi Wonogiri, Gubernur Ganjar Nginep di Istana Parnaraya Lalu Menikmati Kitagawa Pesona Bali

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Dana Abadi Rp7 Triliun untuk Mencapai Status Kampus Kelas Dunia

+ PLUS Dana Abadi Rp7 Triliun untuk Mencapai Status Kampus Kelas Dunia

Pemerintah mengalokasikan dana abadi Rp7 triliun untuk menunjang peningkatan kualitas perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTNBH) menjadi perguruan tinggi kelas dunia.

Berita Terkini

Penduduknya Paling Sedikit, Ini 5 Fakta Unik Kelurahan Laweyan Solo

Kelurahan Laweyan, Laweyan, yang berpenduduk paling sedikit di Kota Solo menyimpan sejumlah keistimewaan dan keunikan dibanding kelurahan lain.

Tak Perlu Khawatir Hujan, Begini Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini

Cuaca Karanganyar diprakirakan bakal berawan sepanjang hari. Jadi Anda tak perlu khawatir bakal basah kehujanan.

Full Berawan, Cek Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini

Cuaca Sragen hari ini diperkirakan bakal berawan dari pagi sampai malam. Simak informasi lengkap prakiraan cuaca sragen hari ini di sini.

Sebelum Berkegiatan Cek Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini 28 Juni 2022

Artikel ini menyajikan informasi tentang prakiraan cuaca wilayah Boyolali pada hari Selasa (28/6/2022).

Khawatir Aktivitas Terganggu Hujan? Cek Prakiraan Cuaca Solo Hari Ini

Prakiraan cuaca Kota Solo hari ini, Selasa (28/6/2022), menurut BMKG cenderung stabil berawan dan tak banyak berubah.

Prakiraan Cuaca Sukoharjo Hari Ini Selasa 28 Juni 2022: Berawan Terus

Simak informasi prakiraan cuaca wilayah Sukoharjo hari ini Selasa (28/6/2022).

Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Selasa Ini: Stabil Berawan

Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Selasa 28 Juni 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Klaten Hari Selasa Ini: Berawan Pagi dan Malam

Prakiraan cuaca Klaten hari ini Selasa 28 Juni 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Walah, Literasi Keuangan Digital Milenial Indonesia Jauh dari Singapura

Skor penilaian literasi keuangan digital anak muda milenial di Indonesia masih sangat rendah, hanya separuh dari skor Singapura.

Siap-Siap! Ribuan Warga Solo Jadi Sasaran Simulasi Penanganan Kebakaran

Ribuan warga di lima kecamatan Kota Solo akan menjadi sasaran kegiatan simulasi penanganan kebakaran bersama Dinas Damkar Solo.

Kelurahan Jebres Solo Masuk 3 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jateng

Kelurahan Jebres, Solo, masuk tiga besar kelurahan terbaik dalam Lomba Desa/Kelurahan tingkat Provinsi Jateng 2022.

Ini Kelurahan Dengan Jumlah Penduduk Paling Sedikit Di Solo, Wilayahmu?

Kelurahan di Kecamatan Laweyan ini memiliki jumlah penduduk paling sedikit meski bukan merupakan wilayah kelurahan paling kecil di Kota Solo.

CFS Wonogiri, Paguyuban Pedagang-Karang Taruna Silang Pendapat Soal Ini

Setelah dua tahun terhenti akibat pandemi Covid-19, car free sunday (CFS) di Wonogiri kembali berjalan, Minggu (26/6/2022). Tetapi, terdapat permasalahan dalam pengelolaannya.

Bawa Miras Dan Mabuk, 18 Suporter PSS Sleman Ditangkap Polisi Solo

Sebanyak 18 suporter PSS Sleman tertangkap aparat Tim Sparta Polresta Solo karena kedapatan membawa miras dan mabuk di Stadion Manahan.

Tersisa 10 Kloter Belum Diberangkatkan, Termasuk Calhaj Dari Kota Solo

Embarkasi Solo hingga Senin (27/6/2022) masih menyisakan 10 kloter yang belum diberangkat ke Tanah Suci, termasuk calhaj dari Kota Solo.

Kritik Birokrasi, Habib Syech Cerita Pernah Diminta Bayar Saat Urus KTP

Pendakwah selawat terkemuka Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf mengaku pernah diminta membayar sejumlah uang saat urus pembuatan KTP.