SOLOPOS.COM - Ilustrasi investor memantau pergerakan saham di pasar modal. (freepik)

Solopos.com, JAKARTA – Hingga akhir kuartal I/2022, jumlah investor pasar modal terus menunjukkan pertumbuhannya. Tidak terkecuali investor dari kalangan generasi Z, yang menunjukkan minatnya pada saham industri keuangan.

Baca Juga: Akomodasi Investor Pemula, BEI Wacanakan Ubah Satuan Lot Saham

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berdasarkan data dari PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) yang dikutip pada Jumat (15/4/2022) menyebutkan jumlah investor pasar modal Indonesia telah mencapai 8,3 juta atau meningkat 12,13% dari akhir tahun 2021 lalu.

Direktur Utama KSEI, Uriep Budhi Prasetyo, menyatakan salah satu hal yang menyebabkan peningkatan tersebut adalah kemudahan bagi investor pasar modal dalam melakukan pembukaan rekening secara online. Hal ini merupakan inisiatif dari KSEI melalui simplifikasi pembukaan rekening yang sudah terimplementasi efektif sejak tahun 2019.

Baca Juga: Penting Bagi Investor Pemula, Ini 6 Cara Main Saham dengan Modal Kecil

“Hingga saat ini, total [ada] 34 perusahaan efek yang dapat melakukan pembukaan rekening secara online,” kata dia. Selain itu, pasar saham Indonesia saat ini masih didominasi oleh investor lokal dari generasi milenial dan generasi Z yang mencapai sekitar 80%. Saham-saham yang paling diminati dari investor kalangan muda ini adalah sektor keuangan yang disusul kemudian sektor infrastruktur.

Sektor industri berikutnya yang menjadi incaran para investor muda adalah saham-saham consumer goods, baik cyclicals (barang konsumen primer) maupun non-cyclicals (barang konsumen non-primer), dan basic materials.

Baca Juga: Ingin Sukses Investasi Saham? Ini Pesan Investor Ulung Lo Kheng Hong

“Anak muda semakin cerdas dalam menentukan investasinya, termasuk investasi pasar modal. Sektor industri yang sahamnya banyak dimiliki oleh anak muda rata-rata memiliki nilai kapitalisasi yang besar, sehingga faktor fundamental menjadi pertimbangan anak muda dalam menentukan saham pilihannya,” jelas Uriep.

Sementara itu, pada industri reksa dana, walaupun terjadi penurunan nilai aktiva bersih dan transaksi subscription dan redemption, namun tetap terdapat pertumbuhan investor sebesar 13% menjadi 7,7 juta investor. Investor lokal juga masih merajai industri reksa dana dengan komposisi kepemilikan aset investor lokal sebesar 97%.

Baca Juga: Investasi Emas atau Deposito, Pilih Mana?

Sedangkan sebanyak 80% investor reksa dana memilih untuk menjadi nasabah di agen penjual reksa dana berbasis fintech, yang memiliki infrastruktur digital untuk memudahkan dalam melakukan transaksi. Reksa dana pasar uang merupakan reksa dana yang paling diminati oleh investor dengan jumlah investor lebih dari 2 juta orang disusul oleh reksa dana pendapatan tetap dengan jumlah investor mencapai 917.000 orang serta reksa dana saham dengan jumlah investor hampir mencapai 700.000 orang.

Berita ini sudah tayang di Bisnis.com berjudul: Investor Pasar Modal Indonesia Tembus 8,3 Juta Orang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya