Investor Berminat Waralabakan Merek Lokal ke Luar Negeri

Minat investor asing untuk membeli lisensi waralaba (franchisee) merek lokal terbilang cukup tinggi.

 Ilustrasi waralaba atau  franchise. (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi waralaba atau franchise. (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA — Minat investor asing untuk membeli lisensi waralaba (franchisee) merek lokal terbilang cukup tinggi. Pemilik jenama lokal diharapkan segera mendaftarkan waralabanya sehingga lebih mudah untuk ekspansi ke luar negeri.

“Bisnis waralaba kita juga digemari pelaku usaha di luar negeri. Saat ini teman-teman di Singapura, Malaysia, sampai Timur Tengah telah menghubungi asosiasi dan bertanya waralaba mana yang bisa dibeli dan bisa dibuka di negara-negara tersebut,” kata Ketua Komite Tetap Kadin Indonesia bidang Franchise, Lisensi & Networking Marketing Levita G. Supit saat berbicara di Indonesia Franchise Forum dan Bizfest 2021, Selasa (7/12/2021) seperti dilansir Bisnis.com.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Karena itu, Levita menyarankan agar franchisor maupun franchisee segera mendaftarkan bisnisnya untuk mempermudah aksi perluasan pasar ke luar negeri.

Baca Juga: Kemendag Ungkap Ada 2.300 Peluang Bisnis Waralaba, Siapa Berminat?

Kepemilikan Surat Tanda Penerbitan Waralaba (STPW), kata Levita, menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi pelaku usaha.

“Salah satu syarat adalah punya STPW. Sehebat apapun produk atau bisnisnya kalau tidak punya STPW akan terkendala manakala akan go international,” kata dia.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Oke Nurwan menjelaskan bahwa sejumlah jenama waralaba lokal telah melebarkan pasarnya ke sejumlah negara dan kawasan. Dia mengatakan hal ini menunjukkan merek lokal memiliki peluang besar bersaing di pasar internasional.

Baca Juga: Bos Baru PLN Enggan Komentari Akuisisi Perusahaan Kendaraan Listrik

Dia memberi contoh jaringan ritel modern Alfamart yang telah memiliki 1.044 gerai di Filipina. Begitu pula waralaba makanan dan minuman seperti Ayam Gepuk Pak Gembus yang memiliki 10 gerai di Malaysia dan Kebab Turki Baba Rafi dengan 60 gerai yang tersebar di Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Filipina, Sri Lanka, Bangladesh, China, sampai Belanda.

Ada pula depo air minum Biru yang telah membuka satu gerai di California, Amerika Serikat. Oke juga mencatat bisnis makanan dan minuman J.CO Donuts & Coffee telah memiliki 60 gerai yang tersebar di Malaysia, Singapura, Filipina, dan Arab Saudi.

“Di sektor kecantikan dan perawatan tubuh ada Taman Sari Royal Heritage Spa dengan 2 gerai di Malaysia dan Kanada, serta Tirta Ayu Spa memiliki 5 gerai di Nigeria dan 1 gerai di Kamerun. Merek dalam negeri sudah banyak yang ekspansi,” kata Oke.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Catat, Ini Cara Mudah Beli Rumah Lelang BTN

      Ingin tahu cara mudah beli rumah lelang di Bank Tabungan Negara (BTN)? Membeli rumah lelang adalah salah satu cara mendapatkan rumah dengan harga miring.

      700 Koki akan Hadir di De Tjolomadoe, Ada Apa Ya?

      FB&C Festival tersebut akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan pendukung, di antaranya cake decoration, vegetable carving, demo masak dari koki terkenal, pameran produk makanan dan minuman serta alat produksi makanan.

      Tiap Satu Kilometer Luas Solo Terdapat Empat Hotel, Ini Perinciannya

      Jumlah hotel di Kota Solo stagnan dari 2017 hingga 2022.

      Intip Daftar Harga Terbaru Rumah Subsidi di Berbagai Daerah

      Bagi masyarakat yang ingin membeli hunian dengan harga terjangkau, mungkin butuh informasi tentang harga rumah subsidi terbaru. 

      BPPD Solo dan BPPD Provinsi DIY Sepakat Garap Wisata Joglosemar

      Nota kesepahaman kerja sama tersebut ditandatangani oleh BPPD Kota Solo dan BPPD Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi DIY.

      Stockbit Gelar Kompetisi Trading Saham bagi Mahasiswa, Ini Syaratnya

      Pendaftaran kompetisi trading saham bagi mahasiswa yang diadakan Stockbit ini masih dibuka sampai 14 Agustus 2022.

      Diresmikan Presiden, Terminal Kijing Dibangun dengan Dana Rp2,9 Triliun

      Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat diproyeksikan menjadi kawasan pelabuhan terbesar di Pulau Kalimantan.

      Sambut HUT ke-77 RI, Giordano Gelar Campaign Dukung Karya Talenta Lokal

      Menyambut perayaan Kemerdekaan Indonesia yang ke-77, Giordano menggelar campaign akbar untuk bersama-sama bergerak maju melalui tagline #MovingForward.

      Resmi Naik, Segini Tarif Baru Ojek Online yang Berlaku

      Tarif ojek online khususnya di area Jabodetabek naik setelah Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menerbitkan aturan terkait tarif baru ojek online pada 4 Agustus 2022.

      Konser Dream Theater di Solo, PHRI: Dampak Bagi Hotel Tak Signifikan

      Dampak gelaran konser Dream Theatre di Kota Solo belum bisa diprediksi secara pasti. Namun event tersebut kemungkinan tak berdampak besar terhadap okupansi hotel di Kota Solo.

      Semen Gresik Siap Bawa 5 Produk UMKM Binaan Terbaik ke Belanda

      PT Semen Gresik (PTSG) mengirimkan 5 produk UMKM terbaik binaan Rumah BUMN (RB) Rembang PTSG terpilih untuk mengikuti Tong Tong Fair (TTF) 2022 di Den Haag Belanda.

      Asyik, BRImo Traktir 900 Nasabah Loyal se-Indonesia dalam Shop for Free

      BRI memberikan apresiasi bagi nasabah loyal terpilih untuk belanja gratis serentak di 18 merchant groceries ternama dalam Shop for Free pada Senin (8/8/2022).

      Naik Tajam Nih! Cek Harga Emas Antam, Selasa 9 Agustus 2022

      Harga emas batangan 24 karat PT Aneka Tambang Tbk., Selasa (9/8/2022) hari ini terpantau naik hingga Rp9.000 per gramnya dari harga kemarin.

      IHSG Diprediksi Menguat Terbatas, Cermati Saham-Saham Ini

      Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG diperkirakan menguat tipis dalam perdagangan Selasa (9/8/2022) setelah menguat tipis kemarin.

      Hotel Mahalaya The Legacy Solo Tawarkan Pengalaman Berbeda

      Resmi dibuka di Solo, hotel berbintang dengan konsep Indo-Dutch yang tetap menguatkan lokalitasnya, yakni Mahalaya The Legacy, Senin (8/8/2022).