INVESTASI MADIUN : 14 Pabrik Segera Berdiri di Madiun, Salah Satunya Pabrik Porang
Seorang warga di Desa Klangon, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, menjemur potongan Porang di depan rumahnya, Rabu (3/5/2017) siang. (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Investasi Madiun, sebanyak 14 pabrik dan tempat usaha akan didirikan di Kabupaten Madiun.

Solopos.com, MADIUN -- Sebanyak 14 pabrik dan tempat usaha baru akan didirikan di Kabupaten Madiun pada semester I tahun 2018. Nilai investasi dari pembangunan 14 pabrik dan tempat usaha baru itu mencapai Rp50 miliar.

Salah satu pabrik yang akan dibangun yaitu industri pengolahan porang di Desa Kuwu, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun. Porang merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang menjadi produk unggulan Madiun dan selama ini diekspor ke Jepang.

Kepala Bidang Penanaman Modal Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Madiun, Agung Budiarto, mengatakan pada semester I tahun ini ada 14 investor yang masuk dan akan mendirikan pabrik maupun tempat usaha di Kabupaten Madiun.

Salah satunya yaitu pabrik pengolahan porang dengan investor dari Surabaya, PT Asia Prima Konjac, dengan nilai investasi Rp20 miliar.

"Pabrik ini nantinya akan mengolah porang di Kabupaten Madiun. Jadi seluruh porang akan masuk ke pabrik itu. Nantinya porang itu akan menjadi tepung untuk bahan makanan," jelas dia kepada wartawan, Kamis (22/3/2018).

Agung menuturkan selain pabrik porang juga ada anak perusahaan PT Inka, IMS yang akan melebarkan workshop II reparasi lokomotif dan gerbong kereta api di Desa Bagi, Kecamatan Madiun. Diprediksi perusahaan ini akan membutuhkan tenaga kerja sebanyak 50 orang.

Selain pabrik, investasi pembangunan rumah bersubsidi di Kabupaten Madiun juga cukup tinggi tahun ini. Pada awal tahun ini setidaknya ada tiga pengembang yang akan mendirikan perumahan bersubsidi di Madiun.

"Kalau pengembangan perumahan di Kabupaten Madiun sudah tampak sejak setahun lalu. Kini semakin banyak," jelas dia.

Menurut dia, investor menanamkan uangnya ke Kabupaten Madiun karena melihat potensi di kabupaten ini. Apalagi akan ada jalan tol dan double track kereta api di kawasan Madiun sehingga akan memudahkan dalam berbisnis. Selain kemudahan akses, faktor lain yaitu di Madiun nilai upahnya masih minim jika dibandingkan daerah lain.

"Saya kemarin mencoba Surabaya Madiun hanya ditempuh sekitar 2 jam menggunakan jalan tol," ujar dia.

14 Pabrik dan tempat usaha yang akan dibangun di Kabupaten Madiun:

1. Workshop II reparasi lokomotif dan gerbong kereta api dari PT Inka Mitra Solusi (IMS)
2. Perumahan Nirwana Land I oleh PT Griya Pesona Jaya
3. Tower PT Telkom Indonesia
4. Peternakan ayam petelur oleh Hari Winarno
5. Mini market Indomaret oleh CV Thoriq Group
6. Perumahan Puri Kedaton Santosa oleh PT Kedaton Bumi Santosa
7. Pabrik plastik oleh Ong Tjien Liang
8. Perumahan Sambirejo Permai oleh PT Adi Rahma Petkasa
9. Pabrik pengolahan porang oleh PT Asia Prima Konjac
10. Perluasan showroom Honda oleh PT Istana Mobil Surabaya Indah
11. Tower dari PT Infasys Persada
12. Tower dari PT Centratama Menara Indonesi
13. Batching plant beton ready mix oleh PT Dwi Mulyo Lestari
14. Gudang dari Srijaton



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom