SOLOPOS.COM - Talkshow Pendanaan Program Debt for Nature Swap yang digelar Kementerian Lingkungan Hidup, Senin (10/12). (JIBI/Harian Jogja/Holy Kartika N.S)

Talkshow Pendanaan Program Debt for Nature Swap yang digelar Kementerian Lingkungan Hidup, Senin (10/12). (JIBI/Harian Jogja/Holy Kartika N.S)

JOGJA—Kementerian Lingkungan Hidup RI menggelar talkshow Pembiayaan Investasi Lingkungan Bagi Usaha Mikro dan Kecil di Hotel Quality, Jogja, Senin (10/12).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam talkshow itu dikemukakan pentingnya pelaksanaan program Debt for Nature Swap (DNS) di sektor usaha kecil.

Deputi Bidang Tata Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup, Imam Hendargi Abu Ismoyo mengatakan, pengelolaan lingkungan hidup seringkali terbentur berbagai kendala dan tantangan. “Tantangannya antara lain terbatasnya ketersediaan pendanaan yang memadai bagi investasi lingkungan,” ujarnya.

Imam menuturkan, program DNS diselenggarakan bekerja sama dengan pemerintah Jerman. Program tersebut dimulai sejak 2006 dan berakhir pada 2011.

“DNS merupakan program penghapusan utang pemerintah RI kepada Jerman melalui mekanisme investasi ke program lingkungan,” lanjutnya.

Penghapusan hutang pemerintah tersebut besarnya mencapai dua kali lipat dana yang diinvestasikan pemerintah untuk pemberdayaan lingkungan melalui sektor usaha mikro. Bekerjasama dengan Bank Syariah Mandiri (BSM), seluruh dana program DNS yang sudah habis disalurkan pada bulan Juli 2011 mencapai sekitar Rp89,4 juta.

“Total penghapusan hutang pemerintah RI oleh pemerintah Jerman besarnya mencapai 12,5 juta Euro,” imbuh Imam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya