INVESTASI JATENG : Tarik Minat Investor, Jateng Ikut Festival Indonesia di Moskow
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo. (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)

Investasi diharapkan Pemprov Jateng juga datang dari Rusia.

Solopos.com, SEMARANG — Pemeritah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) bersepakat mengikuti Festival Indonesia 2017 di Hermitage Garden, Moskow, Rusia, 4-6 Agustus 2017. Keikutsertaan dalam pameran di Moskow itu diharapkan mampu menarik minat investor Rusia untuk menanamkan modal di Jateng.

Kesanggupan Jateng mengikuti Festival Indonesia 2017 di Hermitage Garden, Moskow, tahun depan itu disampaikan Gubernur Ganjar Pranowo saat beraudiensi dengan Minister Consellor Economi Kedutaan Besar Republik Indonesia Moskow Kiki T. Kusprabowo di Kota Semarang, Senin (31/10/2016).

Rencananya, beberapa produk unggulan dan seni budaya dari Provinsi Jawa Tengah akan ditampilkan pada Festival Indonesia 2017 itu. "Produk unggulan yang akan ditampilkan di Moskow, antara lain kopi asal Temanggung, gula semut dari Banyumas, batik dan mebel Jepara," papar Kiki T. Kusprabowo.

Sebelumnya, Indonesia telah mengikuti festival serupa pada 2016 dan minat warga Rusia terhadap seni budaya serta produk unggulan dari Jateng, luar biasa. Produk batik dengan corak khas dari beberapa daerah, kata dia, juga ludes dibeli pengunjung, bahkan warga Rusia antusias mengikuti workshop tentang batik, wayang kulit, serta gamelan.

Tak hanya menampilkan beragam seni budaya, produk unggulan, dan aneka kuliner, Festival Indonesia 2017 yang akan digelar selama tiga hari itu juga akan memamerkan berbagai hal di bidang investasi serta perdagangan. Menurut dia, pada ajang itu, Pemprov Jateng dapat menarik para investor menanamkan modalnya di berbagai bidang usaha di Jateng, dengan menginformasikan potensi-potensi daerah sekaligus kemudahan-kemudahan berinventasi.

"Untuk potensi perdagangan yang bisa dijajaki antara lain komoditas buah-buahan tropis, seperti pepaya dan salak, komoditas ini melimpah di Jateng dan warga Moskow sangat menyukainya, ini adalah potensi ekspor," ujarnya.

Menanggapi undangan memeriahkan Festival Indonesia 2017 di Moskow itu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengaku siap berpartisipasi dengan menampilkan beragam komoditas unggulan serta produk kerajinan Jateng. "Tidak hanya kuliner dan produk kerajinan, Jateng juga memiliki beragam destinasi wisata, baik wisata alam pegunungan, bahari, religi, serta budaya masing-masing daerah," katanya.

Destinasi wisata unggulan Jateng itu antara lain, kawasan Dataran Tinggi Dieng yang menawarkan pesona alam pegunungan dan keunikan tradisi masyarakat setempat, keindahan alam bahari di Kepulauan Karimunjawa, Jepara, kemegahan Candi Borobudur, serta wisata zaman purba di Sangiran, Sragen.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom