SOLOPOS.COM - Ilustrasi investasi. (IJIBI/Solopos/Istimewa)

Investasi Indonesia diharapkan meningkat dengan mempermudah perizinan di Batam, Bintan dan Karimun.

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah akan memastikan perbaikan dan kemudahan pengurusan izin di tiga daerah, yakni Batam, Bintan, dan Karimun. Hal itu bertujuan agar ketiga wilayah itu bisa menjadi alternatif bagi para investor yang ingin menanamkan modalnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Staf Presiden, Luhut Binsar Panjaitan, mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan pertemuannya dengan Perdana Menteri Singapura terkait pembentukan kawasan perdagangan bebas segera direalisasikan.

“Menindaklanjuti pertemuan Presiden dengan PM Singapura mengenai Batam, Bintan, Karimun untuk menjadi terpadu, sehingga investasi yang datang dari berbagai negara lebih bagus,” katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (21/8/2015).

Menurut Luhut, pemerintah menyasar investor yang sudah tidak bisa ditampung lagi oleh Singapura, seperti pada industri minyak.

Pengembangan ketiga daerah tersebut juga akan memberikan nilai tambah dan efek bergulir kepada pengembangan perekonomian masyarakat.

“Banyak dari Singapura yang sudah tidak bisa ditampung. Itu kita bisa kelola, dan akan memberikan nilai tambah untuk Indonesia,” ujar dia.

Jokowi sebelumnya mengatakan akan membangun kantor khusus yang menangani persoalan kawasan perdagangann bebas di Batam, Bintan, dan Karimun. kantor tersebut akan menyelesaikan persoalan regulasi, dan kewenangan daerah di ketiga wilayah itu.

Selama ini, ketiga kawasan tersebut menjadi tujuan utama investor asal Singapura untuk mengembangkan usahanya, karena lokasinya yang relatif dekat.

Akan tetapi, rumitnya perizinan dan regulasi investasi dalam negeri dianggap menghambat alur investasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya