SOLOPOS.COM - Sejumlah kapal nelayan terparkir di Pelabuhan Perikanan Pantai Sadeng, Desa Songbanyu, Kecamatan Girisubo. Jumat (5/5/2017) (Irwan A. Syambudi/JIBI/Harian Jogja)

Rencana pembangunan pabrik es dari Rusia masih diupayakan

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL–Rencana pembangunan pabrik es dari Rusia masih diupayakan setelah sebelumnya di akhir tahun kemarin mendapat penolakan dari Dinas Pertanahan dan Tata Ruang, Gunungkidul.

Promosi Komeng The Phenomenon, Diserbu Jutaan Pemilih Anomali

Pembangunan yang awalnya akan dilakukan di Pucung, Girisubo itu rencananya akan dipindah di kawasan pelabuhan di Pantai Sadeng. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), Gunungkidul, Khairuddin mengatakan perusahaan yang akan membangun sedang membuat proposal pembangunan tersebut yang rencananya diajukan ke Provinsi.

Ekspedisi Mudik 2024

“Sepertinya saat ini sedang membuat proposal diajukan ke Gubernur, untuk masuk ke Pantai Sadeng masuk di lokasi pelabuhannya. Tetapi proses sampai mana juga belum tahu persis saya,” ujarnya kepada Harianjogja.com, Jumat (2/2/2018).

Dia mengatakan dipilihnya kawasan pelabuhan tersebut, karena memang sebenarnya pembangunan tersebut tidak tanah yang luas hanya sekitar 3.000 meter persegi.

Saat ini sendiri kebutuhan es di Pantai Sadeng masih mengandalkan dari wilayah Klaten. Sehingga menurut Khairuddin dengan pembangunan tersebut sangat membantu. Selain itu juga menurutnya dengan pembangunan itu, akan membuka lapangan pekerjaan baru.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang, Gunungkidul, Winaryo, mengatakan masih menunggu surat permohonan rekomendasi jika ada rencana pembangunan tersebut akan dipindah.

“Sampai saat ini belum ada surat permohonan. Ya nanti kalau ada ya akan kami cek sesuai aturannya. Kalau yang kemarin memang tidak kami beri rekomendasi, karena ada di sempadan sungai Bengawan Solo Purba,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya