Investasi Foxconn Rp114 Triliun Disebut Bisa Terealisasi, Ini Faktornya

Hon Hai Precision Industry Co. Ltd, atau yang lebih dikenal dengan nama Foxconn, untuk menanamkan modal di Indonesia senilai Rp114 triliun disebut berpeluang cukup besar.

 Ilustrasi Foxconn Technology (JIBI/Harian Jogja)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Foxconn Technology (JIBI/Harian Jogja)

Solopos.com, JAKARTA – Hon Hai Precision Industry Co. Ltd, atau yang lebih dikenal dengan nama Foxconn, untuk menanamkan modal di Indonesia senilai Rp114 triliun disebut berpeluang cukup besar.

Menurut Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bima Yudhistira, terdapat dua faktor yang mendukung terealisasinya rencana investasi perusahaan mitra manufaktur Apple Inc. tersebut.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Pertama, rencana investasi yang digadang-gadang senilai US$8 miliar atau sekitar Rp114 triliun tersebut berbarengan dengan kehadiran kawasan mega industri di Batang, Jawa Tengah.

Kedua, perusahaan tersebut juga diperkirakan sedang mengincar sumber bahan baku bauksit dan nikel dari Indonesia untuk bahan pengolahan baterai kendaraan listrik (electric vehicle/EV).

“Sepanjang Foxconn memproduksi EV, akan terjadi dampak berganda yang luas terhadap industri RI. Kalau soal serapan tenaga kerja itu pasti,” kata Bhima kepada Bisnis, Senin (27/6/2022).

Baca Juga: IKN Menarik Perhatian Hong Kong untuk Berinvestasi, Sektor Apa?

Sebelumnya, Foxconn menemui Presiden Joko Widodo untuk membahas progres kerja sama dan investasi bersama Gogoro, PT Industri Baterai Indonesia (IBC), dan PT Indika Energy Tbk. (INDY) di Indonesia dengan nilai investasi US$8 miliar atau sekitar Rp114 triliun.

Chairman Hon Hai Precision Industry Co. Ltd (Foxconn) Young Liu bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Bogor, Sabtu (25/6/20202).

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia turut mendampingi.

Baca Juga: Bukan Tesla, Pemerintah Dekati VW Investasi Mobil Listrik di Tanah Air

Pertemuan tersebut membahas tindaklanjut nota kesepahaman yang telah disepakati sebelumnya terkait dengan rencana investasi Foxconn, Gogoro, IBC, dan Indika Energy.

Adapun, nilai rencana investasi tersebut sebesar US$8 miliar atau sekitar Rp114 triliun dan perkiraan penyerapan tenaga kerja lebih dari 10.000 orang.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul:  Peluang Investasi Foxconn Rp114 Triliun ke Indonesia Besar, Ini Penyebabnya

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Asyik, Mulai 17 Agustus 2022, KRL Solo-Jogja hingga Stasiun Palur

      Pada tahap uji coba ini, KAI Commuter akan mengoperasikan sebanyak 6 perjalanan KRL tiap harinya yang melayani Stasiun Palur dan Stasiun Solo Jebres.

      Erick Thohir: 3 Faktor Tiket Pesawat Mahal, Begini Langkah Garuda

      Erick Thohir menyatakan peran maskapai penerbangan milik BUMN agar menjadi motor yang mampu menyediakan tiket pesawat murah untuk rakyat.

      Ini Promo Merdeka Bersama AHASS di Jateng

      Ada diskon spesial untuk seluruh konsumen loyal motor Honda program yang digelar dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-77 tahun tersebut, yakni selama periode Agustus 2022.

      Pemerintah Terbitkan Sukuk SR017, Begini Cara Pesannya

      Penerbitan sukuk SR017 sebagai langkah mendukung upaya pendalaman pasar keuangan domestik.

      Subsidi Energi 2023 Turun Jadi Rp336,7 Triliun, Amankah?

      Penurunan subsidi energi 2023 karena proyeksi harga minyak mentah dunia yang turun di bawah US$90 per barel.

      Harga Emas Antam dan UBS Turun, Ayo Borong Lur

      Bertepatan HUT ke-77 RI, harga emas batangan 24 karat di Pegadaian, baik Antam maupun UBS terpantau turun dibandingkan hari kemarin.

      Mendag: Pakaian Thrift Ada Jamur, Pembeli Tak Kehilangan Akal

      Sejumlah langkah dilakukan konsumen thrifting seusai membeli, salah satunya dengan merendam baju dengan air panas.

      Promo Transfer Antarbank Rp77 Hanya 3 Hari, Jangan Terlewat!

      Dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan Indonesia tahun ini, Bank Indonesia (BI) menghadirkan promo biaya transfer antar bank di Indonesia Rp77 yang hanya berlaku selama tiga hari.

      Penumpang KA Belum Booster Bisa Batalkan Tiket dan Jaminan Uang Kembali

      Penumpang kereta api jarak jauh dengan tiket keberangkatan 15 sampai dengan 17 Agustus 2022 dapat membatalkan tiketnya apabila belum bisa melaksanakan vaksinasi booster sebagai syarat keberangkatan.

      Subsidi Capai Rp502 Triliun, Pemerintah Belum Usul Kenaikan Harga BBM

      Ketua DPR Puan Maharani mengatakan Pemerintah belum mengusulkan penaikan harga bahan bakar minyak (BBM) walaupun harga BBM di luar negeri sudah sangat tinggi.

      Green Industrial Park Tandai Keseriusan Indonesia Capai Nol Emisi 2060

      Pembangunan Green Industrial Park di Kalimantan Utara yang diklaim terbesar di dunia menunjukkan keseriusan Indonesia mencapai target net zero emission atau nol emisi karbon/bebas karbon pada 2060.

      Penumpang Kereta Api Lokal dan Aglomerasi Minimal Vaksin Dosis 1

      PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) mengeluarkan aturan dan syarat perjalanan terbaru mulai Senin (15/8/2022).

      Disinggung Jokowi, Ini Proyek Kawasan Industri Hijau Terbesar di Dunia

      Salah satu emiten yang sudah memanfaatkan keberadaan Kawasan Industri Hijau di Kalimantan Utara tersebut adalah perusahaan milik Garibaldi “Boy” Thohir.

      Sidang MPR: Presiden Sebut Pemberian Bansos Dilanjutkan, UMKM Diperkuat

      Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan bahwa berbagai program bantuan sosial (bansos) akan dilanjutkan pemerintah dengan sinergi yang lebih baik.

      Holding Ultra Mikro Targetkan Layani 55 Juta Nasabah hingga 2024

      Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau BRI Sunarso menyampaikan Holding Ultra Mikro telah menargetkan bisa melayani 55 juta nasabah untuk diberdayakan hingga 2024.

      Sambut HUT RI: Promo Biaya Transfer Bank, KAI Pasang Livery Khusus

      Menyemarakkan HUT ke-77 RI, Bank Indonesia (BI) menggelar promo biaya transfer antarbank cuma Rp77. Sementara itu, PT Kereta Api Indonesia (Persero) memasang livery khusus.