SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

NEW YORK—Berbarengan dengan merosotnya pasar saham dan mata uang Euro, harga emas juga ikut turun. Investor kini seperti tidak ingin memegang investasi apapun kecuali uang tunai dan Dollar AS.

Emas yang sebelumnya dinilai sebagai salah satu investasi yang kurang berisiko akhirnya ikut mengalami tekanan berbarengan dengan melemahnya Euro.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Mata uang tunggal terus merosot akibat memburuknya kondisi di Eropa. Sentimen negatif terakhir adalah dari buruknya lelang surat utang Jerman, sehingga memicu kekhawatiran investor krisis akan menyebar ke negara terbesar di Uni Eropa itu. Data manufaktur China yang negatif ikut memberikan sentimen buruk.

“Ini adalah sebuah tipikal perdagangan yang menghilangkan risiko. Kita masih memiliki keprihatinan makroekonomi dan melemahnya pasar saling berhubungan. Banyak orang tidak ingin memiliki apapun kecuali tunai dan dollar,” ujar Michel Matousek, pialang senior dari US Global Investor Inc, seperti dilansir detikfinance dari Reuters, Kamis (24/11).

Pada perdagangan Rabu (23/11), harga emas di pasar spot turun 0,6% ke level US$1.689,29. Harga emas bahkan sempat merosot ke US$1.677,08.

Harga emas telah kehilangan daya tarik sebagai tempat investasi yang aman sehubungan dengan ketidakpastian ekonomi. Technical outlook emas juga masih rentan karena sekarang diperdagangkan di bawah rata-rata pergerakan 100 hari terkahir, sebuah kunci support yang sudah dipegang selama sebulan hingga menembus penurunan 2,5% pada Senin lalu.

“Jika emas turun di bawah level US$1.600, saya tidak akan terkejut melihat rebound yang bagus karena investor dengan banyak uang akan segera masuk,” tambah Matousek.(dtc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya