Investasi dari Negara Eropa Masih Sedikit, Jateng Undang Dubes Uni Eropa

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengajak negara-negara Uni Eropa untuk mau menanamkan investasi di Jateng.

 Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, saat penyerahan plakat kerja sama dengan Dubes Uni Eropa, Vincent Piket, dalam acara Uni Eropa-Central Java Trade and Investment Dialogue di Hotel Gumaya, Kota Semarang, Selasa (4/10/2022). (Solopos.com-Adhik Kurniawan)

SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, saat penyerahan plakat kerja sama dengan Dubes Uni Eropa, Vincent Piket, dalam acara Uni Eropa-Central Java Trade and Investment Dialogue di Hotel Gumaya, Kota Semarang, Selasa (4/10/2022). (Solopos.com-Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANG — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) mengundang negara-negara Uni Eropa untuk menanam investasi di wilayahnya. Hal ini menyusul masih minimnya investasi dari negara Eropa di Jateng.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, saat menerima kunjungan Dubes Uni Eropa, Vincent Piket, dalam acara Uni Eropa-Central Java Trade and Investment Dialogue di Hotel Gumaya, Kota Semarang, Selasa (4/10/2022).

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

“Tadi saya tampilkan bahwa [investasi]Uni Eropa belum banyak, yang tertinggi Jerman. Mudah-mudahan nanti anggota lain Uni Eropa bisa datangg untuk masuk ke Jateng,” jelas Ganjar seusai acara.

Dari data realisasi investasi di Jateng pada semester I 2022, investasi dari negara-negara Eropa memang masih terbilang minim, yakni 4,9 juta dolar Amerika Serikat (AS). Dari jumlah sebanyak itu, investasi paling banyak berasal dari Jerman yakni 1,4 juta dolar AS, disusul Belgia dengan 1,2 juta dolar AS.

Ganjar pun yakin potensi kerja sama dalam dunia perdagangan dan investasi antara Indonesia, khususnya Jateng dengan Uni Eropa sangat besar. Hal ini dikarenakan persoalan yang dihadapi negara-negara Uni Eropa sama dengan negara lain, yakni berkaitan dengan energi, gas, dan pangan.

Baca juga: Wavin, Produsen Pipa asal Belanda Dirikan Pabrik di Batang

“Kami harap bisa mengundang lebih banyak [investor dari Eropa]. Maka, tadi kami tawarkan beberapa kawasan industri yang cukup menarik agar bisa datang,” jelasnya.

Lebih lanjut, kerja sama ini menjadi penting untuk bersama sekuat tenaga mencari terobosan dan solusi. Pihaknya pun berharap lebih banyak perusahaan Uni Eropa masuk di Jateng, khusunya yang bergerak pada bidang high technology karena selama ini banyak perusahaan yang ingin berinvestasi lebih pada industri infrastruktur.

“Tentu yang mereka tadi omongkan lebih banyak mau infrastruktur tapi sebenarnya kami juga ingin yang high technology. Kalau hi-tech bisa masuk ke sini kan cukup bagus,” jelasnya.

Baca juga: Tertarik Investasi Saham, Pelaku UMKM Soloraya Ikuti Sekolah Pasar Modal

Terkait kerja sama dengan Uni Eropa ini, Pemprov Jateng turut menggandeng Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jateng untuk proaktif. Tujuannya, agar ada tindak lanjut dari acara dialog tersebut.

“Jadi list of product-nya ada, insentifnya ada, lokasinya kita ada, dan habis ini mereka akan diajak tur untuk melihat beberapa kawasan industri. Mudah-mudahan nanti melahirkan kerja sama yang lebih baik dan investasinya lebih banyak,” ujarnya.

 

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Innalillahi, 335 Ibu di Jateng Alami Kematian Sepanjang 2022

      Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jateng menyatakan angka kematian ibu di provinsi tersebut sepanjang 2022 mencapai 335 kasus.

      PLN Salatiga Sosialisasikan Listrik Premium, Listrik Tanpa Padam

      PLN menghadirkan layanan listrik premium, dimana jalur kelistrikan pihaknya menyiapkan secara dobel.

      Kampung Melayu Bersolek, Siap Jadi Ikon Wisata Baru di Semarang

      Kampung Melayu saat ini tengah dalam tahap revitalisasi dan siap menjadi ikon baru wisata di Kota Semarang.

      Ini Kronologi Nelayan Rawa Pening Meninggal Tenggelam

      Saat perahu terguling, korban sempat berteriak minta tolong, tetapi karena jarak terdekat dari nelayan lain di luar jangkauan.

      Sedih! Korban Meninggal Akibat Banjir Bandang di Pati Bertambah

      Korban meninggal dunia akibat banjir bandang di Kabupaten Pati, Jawa Tengah (Jateng), bertambah menjadi dua orang pada Kamis (1/12/2022).

      Diduga Korsleting, 3 Kios di Pasar Buah Mlati Kopeng Hangus Terbakar

      Kapolres Semarang AKBP Yovan Fatika H A, membenarkan akan kejadian kebakaran kios buah tersebut, dan pihaknya menjelaskan bahwa tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

      Gegara Baling-Baling Perahu Nyangkut Tali, Nelayan Rawa Pening Meninggal Dunia

      Saat di tengah rawa, tiba-tiba baling-baling perahu tersangkut bekas tali pancang beranjang. Perahu terbalik di kedalaman kurang lebih 6 meter

      Pj Wali Kota: Layanan Kesehatan RSUD Salatiga Harus Maksimal dan Lebih Ramah

      Pada Desember ini RSUD Salatiga akan menggelar survei akreditasi agar bisa mempertahankan akreditasi paripurna.

      Intiyas Utami, Serba Pertama dari Guru Besar hingga Rektor Perempuan di UKSW

      Rektor UKSW Intiyas Utami merupakan guru besar perempuan pertama UKSW pemegang sertifikat internasional Qualified Auditor Internal dan Certified Management Accountant.

      Banjir Bandang Akibatkan 1 Orang Meninggal dan 146 Warga di Pati Dievakuasi

      Banjir bandang yang melanda dua desa pada dua kecamatan di Kabupaten Pati, Jawa Tengah (Jateng), mengakibatkan 1 orang meninggal dunia dan 146 orang dievakuasi.

      Cabul! Pria di Tegal Rudapaksa Bocah Perempuan saat Tidur

      Seorang pria paruh baya di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah (Jateng), tega melakukan perbuatan rudapaksa terhadap bocah perempuan berusia 13 tahun yang tengah tidur.

      Seharian Hujan Lebat, 3 Kecamatan di Pati Tergenang Banjir Bandang

      Sejumlah desa di tiga kecamatan pada Kabupaten Pati, Jawa Tengah (Jateng) diterjang banjir bandang pada Rabu (30/11/2022).

      Resmi! Intiyas Utami Jabat Rektor UKSW 2022-2027

      Prof Intiyas Utami resmi menjabat sebagai Rektor UKSW Salatiga untuk periode 2022-2027.

      Foto Sosok Dheo Daffa, Pembunuh Keluarga di Magelang Beredar di Medsos

      Foto sosok pelaku pembunuhan keluarga di Magelang, Dheo Daffa, beredar dan viral di media sosial atau medsos.

      Ternyata! DD Magelang Beri Dawet Campur Racun ke Orang Lain Selain Keluarga

      DD atau Dheo Daffa Syahdilla, anak yang bunuh keluarga dengan racun ternyata juga memberikan racun dicampur minuman dawet ke orang lain.