Tutup Iklan

INVESTASI BOYOLALI : 35 Ha Lahan Desa Madu untuk Bandara Mojosongo

 Desa Madu, Kecamatan Mojosongo, Boyolali, menjadi salah satu desa yang akan menjadi lokasi pembangunan bandara seperti diwacanakan Bupati Boyolali Seno Samodro. Foto diambil Senin (3/10/2016). (Hijriyah Al Wakhidah/JIBI/Solopos)

SOLOPOS.COM - Desa Madu, Kecamatan Mojosongo, Boyolali, menjadi salah satu desa yang akan menjadi lokasi pembangunan bandara seperti diwacanakan Bupati Boyolali Seno Samodro. Foto diambil Senin (3/10/2016). (Hijriyah Al Wakhidah/JIBI/Solopos)

Investasi Boyolali, pembangunan bandara di Mojosongo membutuhkan lahan yang sangat luas.

Solopos.com, BOYOLALI — Desa Madu menjadi salah satu dari tiga desa di Kecamatan Mojosongo, Boyolali, yang akan menjadi lokasi pembangunan bandara seperti diwacanakan Bupati Boyolali Seno Samodro. Pemerintah desa tersebut menyiapkan lahan seluas 35 hektare untuk bandara tersebut.

Pembangunan bandara itu diklaim akan menjadi bandara terbesar karena mengungguli Bandara Soekarno Hatta (Soetta) di Cengkareng, Tangerang. Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, tiga desa yang akan menjadi lokasi pembangunan bandara itu adalah Desa Madu, Desa Tambak, dan Desa Karangnongko.

Kepala Desa (Kades) Madu, Mardimin, mengaku pernah dipanggil Bupati Seno terkait rencana pembangunan bandara di Mojosongo yang dibiayai sepenuhnya oleh investor asal Beijing, Tiongkok. (Baca: Bandara Bakal Gantikan Adi Soemarmo)

“Saya hanya diberi pengertian dan ditunjukkan gambar-gambar di komputer terkait rencana pembangunan bandara. Tetapi sampai hari ini [Senin, 3/10/2016] belum ada perkembangan apa-apa lagi, jadi di Madu atau tidak saya juga belum tahu,” kata Mardimin, saat ditemui Solopos.com, di ruang kerjanya, Senin.

Dia menyebut lahan di Desa Madu yang dipersiapkan untuk lokasi pembangunan bandara seluas 35 hektare. Lahan itu terdiri atas tanah kas desa seluas 15 hektare dan tanah milik warga sekitar 20 hektare. (Baca juga: Sudah MoU, Bupati Seno Bakal Bangun Bandara)

“Lokasinya ada di timur desa, tepatnya di Dusun Madu,” ujar dia.

Tegalan

Saat ini, lahan yang akan menjadi lokasi pembangunan bandara masih berupa tegalan yang ditanami beragam tanaman budidaya seperti ketela, pepaya, dan jagung. Tanah kas desa disewakan kepada petani dengan seharga Rp1,2 juta per 1.600 meter persegi per tahun.

Dari tanah kas desa itu, Desa Madu mendapatkan pendapatan asli desa rata-rata Rp100 juta per tahun. “Memang rencana pembangunan bandara belum disosialisasikan secara resmi kepada warga tapi warga sudah banyak yang tahu. Apalagi tahun depan ada rencana peningkatan jalan dari jalan desa jadi jalan kabupaten dari Slembi-Karangnongko-Madu hingga Kebonluwak,” kata Mardimin.

Mardimin mengatakan tentunya ada warga yang setuju tapi ada juga yang tidak setuju dengan rencana pembangunan bandara itu. Tapi hal itu baru bisa diketahui setelah ada sosialisasi.  (5 Proyek Ambisius Seno)

Desa Madu adalah desa di ujung barat Kecamatan Mojosongo. Desa tersebut berbatasan dengan Desa Sukorejo dan Kebongulo, Kecamatan Musuk, di sisi barat, Desa Sukorame Musuk di sebelah utara, Desa Sukorejo di sebelah selatan, dan Desa Tambak dan Karangnongko di sebelah timur.

Terpisah, Kades Karangnongko, Ambudi, juga mengaku pernah mendengar kabar terkait rencana pembangunan bandara di desanya. “Tapi belum ada kepastian apa pun dari Pak Bupati. Dulu waktu mau pilkada, isu itu ramai sekali diperbincangkan warga, tetapi saat ini isu itu meredup.”

Ambudi bingung menyikapi rumor tersebut dan dia belum berani menanyakan kepastian kabar itu kepada Bupati. Seperti diketahui, Bupati Seno mendatangkan investor asal Beijing untuk membangun bandara di Boyolali.

Berita Terkait

Berita Terkini

Pernikahan Unik Anak Teknik, Pasangan Pengantin Jadi Mandor

Mempelai pria yang merupakan alumnus Fakultas Teknik itu dikagetkan dengan kedatangan teman-teman seangkatan yang mengenakan seragam proyek.

Bakso Tumpeng Merapi ala Klaten, Bagaimana Komposisinya?

Bakso Tumpeng Merapi terinsiprasi dari Gunung Merapi diwarnai lelehan larva.

Duh, 3 Siswa di Madiun Diketahui Positif Covid-19 saat Skrining PTM

Pemkot Madiun menggelar skrining atau pemeriksaan Covid-19 bagi siswa yang akan mengikuti pembelajaran tatap muka atau PTM di sekolah.

145 Siswa 2 SMP di Sragen Mendadak Dites Antigen, Hasilnya...

Tes swab antigen kepada pelajar SMP dimulai Senin untuk antisipasi munculnya klaster sekolah atau pembelajaran tatap muka (PTM).

Korban Penculikan Pengusaha Sragen Melahirkan, Polisi Lakukan Tes DNA

Tim penyidik Satreskrim Polres Madiun Kota masih memeriksa pengusaha asal Sragen, DN, 36, karena diduga menculik dan mencabuli remaja 14 tahun asal Kota Madiun.

171 Siswa-Guru SDN Laweyan No 54 Solo Mendadak Dites Antigen, Ada Apa?

Sebanyak 171 siswa, guru, dan tenaga pendidik SDN Laweyan No 54 mendadak di tes swab antigen pada Senin (27/9/2021).

Bungkam Vanuatu di PBB, Ini Sosok Diplomat Muda RI Sindy

Sosok Sekretaris Ketiga Perwakilan Tetap RI di New York, Sindy Nur Fitri menjadi sorotan saat berbicara di Sidang Umum PBB. Siapa Sindy?

WhatsApp Kembangkan Penggunaan Satu Akun Dioperasikan 2 HP

WhatsApp dikabarkan tengah mengembangkan pembaruan yang menjadikan satu akun bisa dioperasikan dengan dua HP.

The Alana Surabaya Ajak Setiap Keluarga, Piknik di Dalam Kamar!

Menyambut Alana is Back, The Alana Hotel Surabaya terus berinovasi demi kenyamanan dan keamanan pelanggan.

Hanya 2 Hari, Vaksinasi Covid-19 di 5 Lokasi Solo Ini Dapat Beras 5 Kg

Peserta vaksinasi Covid-19 di lima lokasi Kota Solo yang berlangsung selama dua hari, Senin-Selasa, mendapat bantuan beras 5 kg.

Berkedok Tempat Pijat, Praktik Prostitusi Gay di Solo Terbongkar

Aparat Polda Jateng mengungkap praktik prostitusi berkedok tempat pijat di sebuah indekos di kawasan Banjarsari, Kota Solo.

Gadis 14 Tahun Asal Kediri Ini Diduga Dibunuh Kekasihnya

Polisi berhasil mengungkap kasus dugaan pembunuhan terhadap gadis asal Kediri, A, 14, melalui handphone korban yang ditemukan di lokasi kejadian.

Lebihi Target, Vaksinasi di Boyolali Capai Lebih 50%

Percepatan vaksinasi terus dilakukan di Boyolali dengan pendekatan cukup agresif melalui tim di masing-masing desa.

6 KDRT Terjadi di Karanganyar, Ada Korban Alami Paksaan Hubungan Seks

Selain kekerasan seksual, dalam periode yang sama di Karanganyar juga terdapat 22 kekerasan terhadap anak yang dilaporkan.

Tak Cuma Rossi, Marc Marquez Juga Komentar Soal Balapan di Mandalika

Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, akan menjadi salah satu tuan rumah Moto GP musim 2022. Sejumlah pembalap top Moto GP turut berkomentar.