SOLOPOS.COM - Name plate kuningan di Masjid Sheikh Zayed Solo. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Masjid terbesar di Solo yaitu Masjid Sheikh Zayed Solo diresmikan oleh Presiden Joko Widodo dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed Al Nahyan atau MBZ pada 14 November 2022.

Masjid megah tersebut menghabiskan dana hingga Rp300 miliar dan merupakan hadiah dari Pemerintah Persatuan Emirat Arab (PEA) kepada Indonesia, sebagai tanda persahabatan bilateral antara kedua negara. Masjid ini berdiri di lahan seluas 3,6 hektare dan mampu menampung hampir 10.000 jemaah.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Meski sudah diresmikan, Masjid Sheikh Zayed Solo belum dibuka untuk umum. Kemegahannya hanya dapat dipantau dari halaman terluar Masjid. Sembari menunggu waktu pembukaan Masjid untuk umum, simak dulu beberapa fakta unik dan kemegahan interior dari Masjid Sheikh Zayed Solo berikut ini.

Masjid Sheikh Zayed Solo
Masjid Sheikh Zayed Solo. (Istimewa)

Peresmian Masjid Sheikh Zayed di Solo

Peresmian Masjid Sheikh Zayed Solo dihadiri tokoh-tokoh penting di Indonesia mulai dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, hingga mantan Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo.

Peresmian dilaksanakan pada pukul 06.30 WIB. Rencananya peresmian dilakukan pada 17 November 2022 namun menurut Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka majunya tanggal peresmian di tanggal 14 November 2022 dan sudah sesuai persetujuan Presiden UEA.

Ground Breaking Masjid Sheikh Zayed Solo pada 2021. (Istimewa)
Ground Breaking Masjid Sheikh Zayed Solo pada 2021. (Istimewa)

Fakta Unik dari Kemegahan Interior Masjid Sheikh Zayed Solo

1. Hibah dari Presiden Uni Emirat Arab (UEA)

Masjid Sheikh Zayed Solo adalah pemberian dari pemerintah Uni Emirat Arab kepada Presiden Joko Widodo sebagai simbol dan bentuk persahabatan antara negara. Lahan dari Masjid Sheikh Zayed ini dulunya adalah bekas Depo Pertamina Jl. Ahmad Yani, GIlingan, Banjarsari, Solo.

2. Mampu Tampung 10.000 Jemaah

Karena luas bangunan masjid ini yang luas, sekitar 3,6 hektare menjadikan masjid ini mampu menampung jumlah jamaah yang cukup banyak, sekitar 10.000 jemaah.

Masjid hadiah Pangeran UEA ini dibangun dengan dana sekitar Rp300 miliar. Selain untuk salat, masjid bernuansa putih dan emas ini juga bisa dimanfaatkan untuk acara pengajian dan wisata.

3. Mirip Masjid Sheikh Zayed Grand di Abu Dhabi UEA

Karena merupakan hibah dari Pemerintah Uni Emirat Arab (UEA), Mohammed bin Zayed Al Nahyan atau MBZ arsitektur masjid di Solo pun dibuat mirip dan hampir sama persis dengan yang berada di Abu Dhabi.

Masjid Sheikh Zayed di Solo juga dibuat dengan 4 menara dan 1 kubah utama serta dilengkapi kubah-kubah kecil dan ornamen bangunannya khas Timur Tengah.

4. Prasasti Peresmian Dibuat dari Kuningan dengan Proses Laser Marking

Pada saat peresmian masjid di 14 November 2022 oleh Presiden Joko Widodo dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed Al Nahyan, mereka menandatangani sebuah prasasti kuningan sebagai simbol telah dilaksanakan peresmian pada hari itu.

Yang membuat unik adalah prasasti atau name plate yang terbuat dari material plat kuningan dengan proses laser marking. Kesan mewah tampil pada name plate kuningan itu, akrena selaras dengan konsep bangunan masjid dengan warna putih dan keemasan.

Dimanakah Prasati Peresmian Plat Kuningan Masjid Sheikh Zayed Dibuat?

Kreasi Muda Indonesia sebagai perusahaan manufaktur di Kota Solo dipercaya untuk membuat prasasti atau name plate kuningan yang digunakan sebagai prasasti tanda tangan oleh Pesiden Joko Widodo dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed Al Nahyan.

Name plate tersebut dibuat oleh Kreasi Muda Indonesia menggunakan material terbaik yaitu, material kuningan tebal 2 mm serta berukuran 60 x 90 cm. Berikut dibawah adalah proses pembuatannya:

Name plate kuningan di Masjid Sheikh Zayed Solo
Name plate kuningan di Masjid Sheikh Zayed Solo. (Istimewa)

Kreasi Muda Indonesia mengaku sangat bangga bisa manjadi bagian dari peresmian Masjid Raya Sheikh Zayed, berikut dibawah adalah beberapa hasil dari name plate kuningan yang dibuat menggunakan teknik laser marking dari Kreasi Muda Indonesia yang sudah terpasang di dalam masjid:

Name plate kuningan di Masjid Sheikh Zayed Solo.
Name plate kuningan di Masjid Sheikh Zayed Solo. (Istimewa)

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pembuatan prasasti atau produk fabrikasi lainnya, Anda bisa terhubung dengan mengunjungi website perusahaan di www.kreasimudaindonesia.com atau kontak melalui WhatsApp di nomor +628112592300.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya