Intip Harta Karun Ribuan Tahun sampai Buku Digital Kekinian di Perpusnas

Kekuatan Perpusnas ada di koleksinya yang luar biasa mulai naskah kuno dengan judul Arjunawiwaha sampai koleksi digital yang sangat besar.

 Ilustrasi Perpusnas. (perpusnas.go.id)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Perpusnas. (perpusnas.go.id)

Solopos.com, JAKARTA — Bertepatan dengan peringatan Hari Buku Nasional, Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI akan memperingati hari jadinya yang ke-42 tahun, Selasa (17/5/2022). Perpusnas memiliki “harta karun” yang berusia ribuan tahun sampai naskah digital kekinian.

Tema yang diusung diambil dari tagline Perpusnas tahun ini yakni Transformasi Perpustakaan untuk Mewujudkan Ekosistem Digital Nasional. Menghadapi revolusi industri 4.0, perpustakaan harus membuka peluang untuk bersinergi dengan perubahan.

PromosiDitemukan di Sragen, Nasib Prasasti Raja Sankhara Dijual ke Tukang Loak

Sejatinya dewasa ini dunia sedang berada dalam suatu perang, bukan perang antar kekuatan fisik melainkan kekuatan berpikir. Sehingga individu dengan referensi bahan bacaan yang rendah akan kalah.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando pada kegiatan Konferensi Pers HUT Perpusnas ke-42 yang digelar secara hibrida di Executive Lounge Lt. 24 Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas dan kanal YouTube Humas Perpusnas, Jumat (13/5/2022).

Lebih lanjut, Syarif Bando menjelaskan perpustakaan mengemban misi untuk mencerdaskan anak bangsa dan baca menjadi satu-satunya cara untuk mentransfer teori yang ada dalam buku ke otak.

“Ini adalah sebuah filosofi yang harus kita pegang bersama untuk membentuk kepercayaan dan keyakinan kita betapa berharganya sebuah ilmu pengetahuan,” jelasnya.

Peringatan hari jadi ke-42 tahun Perpusnas mengajak para tokoh nasional untuk membahas upaya dalam menghadirkan bahan bacaan yang berkualitas bagi mayarakat.

Kepala Biro Keuangan dan Perencanaan, Joko Santoso, menyampaikan tema tersebut sangat kontekstual dengan situasi saat ini di mana terdapat pembatasan dalam pergerakan masyarakat. Perpustakaan dituntut untuk bertransformasi untuk tetap dapat memberikan pelayanan pengetahuan dalam format digital.

“Dengan demikian, perpustakaan tetap bisa mendedikasikan pengetahuan bagi masyarakat dalam format digital,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Utama Perpusnas, Ofy Sofiana, berharap agar seluruh potensi yang ada di Perpusnas dapat di-blow up pada penyelenggaraan hari jadi tersebut. Adapun potensi yang dimiliki Perpusnas di antaranya koleksi yang luar biasa.

“Kekuatan Perpusnas ada di koleksinya yang luar biasa. Kita punya koleksi yang tertua berupa naskah kuno dengan judul Arjunawiwaha. Selain itu, Perpusnas juga mempunyai koleksi digital yang sangat besar,” ungkap Ofy.

Ditambahkan oleh Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas, Deni Kurniadi, sesuai dengan UU Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan memperkuat bahwa Perpustakaan Nasional memiliki tugas pemerintahan di bidang perpustakaan dengan enam fungsi antara lain sebagai perpustakaan pembina, perpustakaan rujukan, perpustakaan penelitian, perpustakaan pelestarian, perpustakaan deposit, dan sebagai pusat jejaring perpustakaan.

Penyelenggaraan peringatan hari jadi Perpusnas nantinya akan berlangsung pada 17-30 Mei 2022. Rangkaian kegiatannya akan terbagi dalam lima pokok kegiatan yakni peluncuran 12 inovasi layanan digital Perpusnas, pameran koleksi unggulan, kelas virtual, kegiatan webinar tematik, dan talkshow.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Aksi Gladiator Rampokan Macan, Satu Penyebab Punahnya Harimau Jawa

+ PLUS Aksi Gladiator Rampokan Macan, Satu Penyebab Punahnya Harimau Jawa

Aksi pertarungan antara manusia dengan hewan sebagai tontonan publik layaknya gladiator pernah berlangsung di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur pada abad ke-17 hingga awal abad ke-20, berjuluk Rampokan Macan yang diduga menjadi salah satu penyebab menyusutnya populasi hingga punahnya harimau Jawa.

Berita Terkini

Gampang, Ini Syarat Membeli Minyak Goreng Rakyat Rp14.000 per Liter

Program minyak goreng rakyat bertujuan agar penjualan minyak goreng curah dengan harga Rp14.000/liter dapat tepat sasaran, yaitu untuk masyarakat berpendapatan rendah.

Wakil Ketua DPD Minta Proyek IKN Ditunda, Ini Alasannya

Wakil Ketua DPD Sultan Najamudin mengatakan proyek IKN Nusantara sebaiknya ditunda karena sejalan dengan pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta masyarakat berhemat dan menabung.

Dari Makanan Saat Krisis Pangan, Mi Instan Menjelma Jadi Favorit Dunia

 Mi instan yang awalnya dibuat untuk mengatasi masalah krisis pangan di Jepang akibat Perang Dunia II kini menjelma menjadi makanan favorit masyarakat dunia.

Solopos Hari Ini: Jokowi King Maker

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mulai menunjukkan sinyal sikapnya pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 yang memperkuat opini pengaruh untuk memenangkan calon tertentu (king maker) sekaligus melemahnya isu tiga periode.

10 Berita Terpopuler: Harimau Muncul di Banjarnegara Termasuk Langka?

Ulasan tentang harimau yang muncul di areal persawahan Banjarnegara, Jawa Tengah menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Senin (23/5/2022).

Jelang PPDB 2022, 5 SMA Swasta di Solo Ini Masuk 1.000 Terbaik Nasional

Ini deretan SMA swasta di Kota Solo yang masuk daftar 1.000 sekolah terbaik tingkat nasional yang bisa menjadi referensi dalam PPDB 2022.

Akhir 2022 MLFF Gantikan Kartu Tol, Organda Bilang Begini

Organda menilai bagi pengusaha angkutan umum yang memiliki jumlah angkutan cukup banyak, sistem MLFF bisa mempermudah untuk memantau dan mengontrol biaya di tol.

Kemajuan Desa Penentu Kebangkitan Indonesia

Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi meluncurkan Galeri Ekonomi dan Investasi Desa (GEID) sebagai wahana pengembangan ekosistem ekonomi dan investasi desa berbasis digital.

Sejarah Hari Ini: 23 Mei 1997 Jumat Kelabu Kerusuhan di Banjarmasin

Beragam peristiwa bersejarah di berbagai belahan dunia terjadi dari tahun ke tahun pada 23 Mei.

Polisi Ungkap Penyebab Bus Pariwisata Kecelakaan hingga Renggut 4 Nyawa

Polisi menyampaikan hasil olah TKP kasus kecelakaan bus pariwisata di Panumbangan, Kabupaten Ciamis yang menyebabkan 4 orang meninggal diduga karena rem blong.

Sempat Tertimbun, Perempuan Hamil 8 Bulan Selamat dari Longsor di Bogor

Perempuan hamil 8 bulan selamat dari tanah longsor di Kampung Pasir Pogor, Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor pada Sabtu (21/5/2022) meski sempat tertimbun selama 5 menit.

GEID, SDGs Desa, dan BUM Desa untuk Kebangkitan Indonesia

Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi meluncurkan Galeri Ekonomi dan Investasi Desa (GEID) sebagai wahana pengembangan ekosistem ekonomi dan investasi desa berbasis digital.

Terkini, Kondisi Korban Kecelakaan Bus Pariwisata yang Renggut 4 Nyawa

Sejumlah korban kecelakaan maut bus pariwisata di Jl. Raya Payungsari, Dusun Pari, Desa Payungsari, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, tiba di Tangerang pada Minggu (22/5/2022).

Polisi Cari Sopir Bus Pariwisata yang Kecelakaan hingga Renggut 4 Nyawa

Polres Ciamis masih mencari sopir bus pariwisata yang mengalami kecelakaan menabrak kendaraan dan rumah warga di Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat pada Sabtu (21/5/2022) pukul 18.00 WIB.

Profil Fahmi Idris dari Pebisnis, Politikus, hingga Menteri Era SBY

Mantan Menteri Perindustrian era Kabinet Indonesia Bersatu atau era Presiden SBY, yakni Fahmi Idris, meninggal dunia di Rumah Sakit Medistra Jakarta, Minggu (22/5/2022).