Intip Harta Karun Ribuan Tahun sampai Buku Digital Kekinian di Perpusnas

Kekuatan Perpusnas ada di koleksinya yang luar biasa mulai naskah kuno dengan judul Arjunawiwaha sampai koleksi digital yang sangat besar.

 Ilustrasi Perpusnas. (perpusnas.go.id)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Perpusnas. (perpusnas.go.id)

Solopos.com, JAKARTA — Bertepatan dengan peringatan Hari Buku Nasional, Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI akan memperingati hari jadinya yang ke-42 tahun, Selasa (17/5/2022). Perpusnas memiliki “harta karun” yang berusia ribuan tahun sampai naskah digital kekinian.

Tema yang diusung diambil dari tagline Perpusnas tahun ini yakni Transformasi Perpustakaan untuk Mewujudkan Ekosistem Digital Nasional. Menghadapi revolusi industri 4.0, perpustakaan harus membuka peluang untuk bersinergi dengan perubahan.

PromosiTantu Panggelaran, Asal Muasal Pulau Jawa dan Paku Gunung Semeru 

Sejatinya dewasa ini dunia sedang berada dalam suatu perang, bukan perang antar kekuatan fisik melainkan kekuatan berpikir. Sehingga individu dengan referensi bahan bacaan yang rendah akan kalah.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando pada kegiatan Konferensi Pers HUT Perpusnas ke-42 yang digelar secara hibrida di Executive Lounge Lt. 24 Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas dan kanal YouTube Humas Perpusnas, Jumat (13/5/2022).

Lebih lanjut, Syarif Bando menjelaskan perpustakaan mengemban misi untuk mencerdaskan anak bangsa dan baca menjadi satu-satunya cara untuk mentransfer teori yang ada dalam buku ke otak.

“Ini adalah sebuah filosofi yang harus kita pegang bersama untuk membentuk kepercayaan dan keyakinan kita betapa berharganya sebuah ilmu pengetahuan,” jelasnya.

Peringatan hari jadi ke-42 tahun Perpusnas mengajak para tokoh nasional untuk membahas upaya dalam menghadirkan bahan bacaan yang berkualitas bagi mayarakat.

Kepala Biro Keuangan dan Perencanaan, Joko Santoso, menyampaikan tema tersebut sangat kontekstual dengan situasi saat ini di mana terdapat pembatasan dalam pergerakan masyarakat. Perpustakaan dituntut untuk bertransformasi untuk tetap dapat memberikan pelayanan pengetahuan dalam format digital.

“Dengan demikian, perpustakaan tetap bisa mendedikasikan pengetahuan bagi masyarakat dalam format digital,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Utama Perpusnas, Ofy Sofiana, berharap agar seluruh potensi yang ada di Perpusnas dapat di-blow up pada penyelenggaraan hari jadi tersebut. Adapun potensi yang dimiliki Perpusnas di antaranya koleksi yang luar biasa.

“Kekuatan Perpusnas ada di koleksinya yang luar biasa. Kita punya koleksi yang tertua berupa naskah kuno dengan judul Arjunawiwaha. Selain itu, Perpusnas juga mempunyai koleksi digital yang sangat besar,” ungkap Ofy.

Ditambahkan oleh Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas, Deni Kurniadi, sesuai dengan UU Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan memperkuat bahwa Perpustakaan Nasional memiliki tugas pemerintahan di bidang perpustakaan dengan enam fungsi antara lain sebagai perpustakaan pembina, perpustakaan rujukan, perpustakaan penelitian, perpustakaan pelestarian, perpustakaan deposit, dan sebagai pusat jejaring perpustakaan.

Penyelenggaraan peringatan hari jadi Perpusnas nantinya akan berlangsung pada 17-30 Mei 2022. Rangkaian kegiatannya akan terbagi dalam lima pokok kegiatan yakni peluncuran 12 inovasi layanan digital Perpusnas, pameran koleksi unggulan, kelas virtual, kegiatan webinar tematik, dan talkshow.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Konsumen dan Aktivis Desak McDonald’s Asia Tinggalkan Kandang Baterai

+ PLUS Konsumen dan Aktivis Desak McDonald’s Asia Tinggalkan Kandang Baterai

Koalisi organisasi perlindungan hewan Act for Farmed Animals bersama Open Wing Alliance menyelenggarakan protes massal menuntut McDonald’s Asia menghentikan penggunaan telur ayam dari kandang baterai.

Berita Terkini

Hilang di Swiss, Eril Khan Miliki Dua Adik di Indonesia

Eril memiliki seorang adik perempuan bernama Camillia Laetitia Azzahra dan adik angkat bernama Arkana Aidan Misbach.

Konsumen dan Aktivis Desak McDonald’s Asia Tinggalkan Kandang Baterai

Koalisi organisasi perlindungan hewan Act for Farmed Animals bersama Open Wing Alliance menyelenggarakan protes massal menuntut McDonald’s Asia menghentikan penggunaan telur ayam dari kandang baterai.

Syafii Maarif Wafat, Sekum Muhammadiyah: Jangan Kirim Karangan Bunga

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti mengimbau masyarakat tidak mengirimkan karangan bunga terkait wafatnya Ahmad Syafii Maarif.

Menyapa Indonesia, Presiden Ukraina Sambat Soal Aksi Rusia

Presiden Ukraina memaparkan kondisi terkini Ukraina, khususnya dampak invasi Rusia ke sektor perdagangan internasional.

Indeks Kualitas Air di Balik Alasan Meningkatnya Sampah Botol Air Minum

Botol air minum dalam kemasan (AMDK) menyumbang 328.117 ton dari 11,6 juta ton sampah plastik di Indonesia sepanjang 2021. Maraknya sampah AMDK bermula dari belum baiknya kualitas air minum di Indonesia.

Media Rusia Sebut AS Miliki Lab Biologi di Indonesia, Ini Tempatnya

Lab yang dimaksud oleh media Rusia tersebut terletak di gedung Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta II Jurusan Farmasi.

Ini Sosok Eril, Putra Sulung Ridwan Kamil yang Hilang di Sungai Swiss

Eril lahir pada 25 Juni 1999 di New York, Amerika Serikat, ketika Ridwan Kamil menjalani pendidikan S2 di University of California, Berkeley.

Alasan Syafii Maarif Berwasiat Dimakamkan di Makam Husnul Khotimah

Buya Syafii Maarif minta dimakamkan di Taman Makam Husnul Khotimah Muhammadiyah, Donomulyo, karena makam tokoh Muhammadiyah di Karangkajen Yogyakarta sudah penuh.

Perkosa Nenek-Nenek Habis Subuh, Imran Diancam Hukuman 20 Tahun Penjara

Pria bernama Imran Syafiq Mohamed Rashid tega memperkosa nenek-nenek berusia 61 tahun yang tak berdaya.

Presiden Jokowi: Buya Syafii Maarif Guru Bangsa, Teladan Kesederhanaan

Presiden Jokowi mengatakan Syafii Maarif sebagai kader terbaik Muhammadiyah yang selalu menyuarakan tentang keberagaman, dan toleransi dan beliau juga selalu menyampaikan Pancasila sebagai perekat bangsa.

Pesan Buya Syafii Maarif tentang Politik Identitas dan Indonesia

Ahmad Syafii Maarif adalah salah seorang intelektual Indonesia dengan pandangan tentang pluralisme dan kesadaran tentang keberagaman Indonesia yang sangat kuat. Pada 2009 ia mengingatkan tentang bahaya politik identitas dan keutuhan Indonesia.

Hilang di Swiss, Anak Ridwan Kamil Awalnya Mau Cari Beasiswa

Anak sulung Ridwan Kamil yang hilang terseret arus Sungai Aaree awalnya terbang ke Swiss untuk mencari informasi beasiswa.

Salat Jenazah untuk Syafii Maarif Tak Terputus dari Jumatan hingga Asar

Jamaah salat jenazah kepada jasad Syafii Maarif tidak terputus dan terus berdatangan seusai salat Jumat hingga waktu Ashar.

Profil Syafii Maarif, Pimpin Muhammadiyah hingga Jadi Presiden WCRP

Selain menjadi Ketum PP Muhammadiyah, Prof. Dr. H. Ahmad Syafii Maarif  yang akrab disapa Buya Syafi'i pernah menjadi Presiden World Conference on Religion for Peace (WCRP) dan pendiri Maarif Institute.

Honda Krisis Semikonduktor, FIF Lirik Pembiayaan Lain

Direktur Marketing FIFGroup Antony Sastro Jopoetro mengatakan kelangkaan pasokan cip semikonduktor menyebabkan produksi sepeda motor merk Honda terkendala.

Bisa Dicoba Nih, Berikut Sederet Peluang Usaha dengan Modal Rp300.000

Membuka usaha bisa dilakukan dengan modal relatif kecil, semisal Rp300.000. Dengan berkembangnya layanan Internet, membuka usaha kini semakin gampang.