SOLOPOS.COM - Untuk membuka usaha agen ekspedisi diperlukan syarat dan modal yang besarannya berbeda-beda tiap agen ekspedisi. (Ilustrasi/Solopos Dok)

Solopos.com, SOLO — Seiring dengan kebiasaan masyarakat yang semakin sering membeli barang online, bisnis agen ekspedisi kini semakin banyak dibutuhkan.

Membuka usaha agen ekspedisi memang sangat mungkin memiliki peluang keuntungan yang besar saat ini. Lantas, kira-kira berapakah modal buka usaha agen ekspedisi?

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tingginya tingkat konsumsi masyarakat dalam berbelanja online melalui marketplace, memang menjadi berkah tersendiri bagi banyak perusahaan agen ekspedisi logistik.

Saat ini memang banyak kita jumpai berbagai agen ekspedisi yang menawarkan jasa pengantaran barang dengan harga yang beragam.

Membuka usaha agen ekspedisi bisa menjadi pilihan bisnis, terlebih bagi Anda yang berniat memulai bisnis sendiri.

Baca Juga: Induk Shopee Disebut Efisiensi Ketat, Jajaran Direksi Terpaksa Tak Digaji

Lantas apa saja yang perlu disiapkan dan berapa modal buka usaha agen ekspedisi yang harus dikeluarkan? Dari data yang dihimpun oleh Solopos.com melalui berbagai sumber, Senin (19/9/2022) sebagai gambaran berikut ini informasi yang dapat Anda simak mengenai besaran modal buka usaha agen ekspedisi.

1. Ninja Xpress

Ninja Xpress menghadirkan layanan Ninja Packs yang memungkinkan pengiriman barang dengan satu harga saja, tanpa batasan berat dan dimensi. Adapun untuk menjadi mitra Ninja Express syaratnya cukup mudah, yaitu melengkapi formulir pendaftaran, denah lokasi, KTP, fotokopi rekening koran dan yang lainnya.

Perlu diketahui, modal yang dikeluarkan di awal sekitar Rp15 juta yang digunakan sebagai biaya administrasi dan deposit. Nantinya, modal deposit sebesar Rp10 juta akan dikembalikan saat mitra berhenti menjadi agen Ninja Express. Untuk program kemitraan ini mereka berani menjanjikan komisi hingga 35%.

2. JNE

Selanjutnya adalah JNE, perusahaan ini mungkin sudah familiar di masyarakat Indonesia. Adapun untuk menjadi agen ekspedisi JNE syaratnya cukup mudah, yaitu melengkapi dokumen administrasi (KTP, surat permohonan agen, pasfoto, surat domisili perusahaan dan yang lainnya) dan mendatangi kantor cabang JNE terdekat.

Modal awal buka usaha agen ekspedisi JNE ini pun tidak terlalu besar, yakni sekitar Rp25-30 juta saja. Angka tersebut diperlukan untuk berbagai keperluan, misalnya untuk perlengkapan di lokasi agen, deposit, sampai perlengkapan sales.

3. J&T Express

Berikutnya adalah ekspedisi J&T Express yang terkenal dengan kecepatan dan harga yang ditawarkan tergolong murah di antara yang lainnya. Dalam mempercepat ekspansinya, J&T Express juga membuka peluang untuk menjadi agen ekspedisi bagi siapa saja. Diketahui, komisi yang diberikan untuk agen ini pun cukup besar, yakni 20% dari besarnya ongkos kirim paket.

Adapun syarat yang dibutuhkan hampir sama dengan jasa ekspedisi lainnya, mulai dari fotokopi KTP, mengisi formulir, dan yang lainnya. Sesudah proses verifikasi ini selesai, kamu tinggal memilih paket keagenan yang dimulai dari harga Rp10 juta sampai Rp20 juta.

Itulah ulasan mengenai besaran rata-rata modal buka usaha agen ekspedisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya