SOLOPOS.COM - Indonesia menuju keketuaan G20 pada 2022. (setkab.go.id)

Solopos.com, SOLO — Pertemuan negara-negara anggota The Group of Twenty atau G20 Presidensi Indonesia 2022 salah satunya akan berlangsung di Kota Solo pada Selasa-Kamis (29-31/3/2022).

Ajang Trade Investment and Industry Working Group (TIIWG) pada pertemuan G20 Presidensi Indonesia 2022 itu akan diikuti delegasi dari 20 negara anggota G20 ditambah enam negara undangan dan 10 organisasi internasional.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Solopos.com memperoleh rundown atau susunan acara G20 di Solo yang telah dikonfirmasi Kabag Humas Protokol Pemkot Solo, Herwin Tri Nugroho, Senin (28/3/2022). Para delegasi tiba di Bandara Internasional Soekarno–Hatta, Kota Tangerang, Banten Senin (28/3/2022).

Baca Juga: 2 Bus Tingkat dan Sepur Jaladara Disiapkan untuk City Tour G20 di Solo

Selanjutnya mereka menuju Solo dan dijadwalkan tiba pada Selasa (29/3/2022). Setiba di Solo, para delegasi pertemuan G20 akan langsung check-in di Alila Hotel Solo pukul 12.40 WIB sampai 13.00 WIB. Malam harinya, mereka akan berkunjung ke museum dan workshop batik di De Tjolomadoe.

Selanjutnya pada Rabu (30/3/2022), para delegasi akan mengadakan pertemuan membahas isu prioritas mengenai peran perdagangan multilateral system untuk memperkuat pencapaian keberlanjutan tujuan pembangunan/sustainable development goals (SDGs).

Berikutnya, pembahasan berlanjut ke isu prioritas mengenai perdagangan digital dan global berkelanjutan rantai nilai. Pada hari ketiga, Kamis (31/3/2022) para delegasi membahas isu prioritas mengenai berkelanjutan dan inklusif industrialisasi melalui industri 4.0.

Baca Juga: Pertemuan Negara Anggota G20 di Solo Mulai Besok, Ada Penutupan Jalan?

Jaminan Keamanan

Baru setelah itu, pada delegasi pertemuan G20 akan melakukan tur Kota Solo pukul 14.00 WIB sampai 16.00 WIB. Agenda malam ditutup dengan tur singkat dan gala dinner di Pura Mangkunegaran Solo. Para delegasi meninggalkan Kota Solo pada Jumat (1/4/2022) pagi.

Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, menjelaskan ada puluhan tamu delegasi dari sejumlah negara. (TIIWG) pada pertemuan G20 serta penginapan bagi para delegasi di Alila Hotel Solo.

“Keamanan sudah siap. Orang per orang sudah ada pengawalan semua. Tidak boleh sembarangan ke mana-mana. Jangan ada risiko secara keamanan di Kota Solo. Kami perlu jamin keamanan bagi mereka delegasi luar negeri,” katanya saat ditemui Solopos.com di Megaland Hotel Solo, Senin (28/3/2022).

Baca Juga: Jadi Pintu Masuk Delegasi G20, Ini Persiapan Bandara Adi Soemarmo Solo

Menurut Teguh, para delegasi merupakan para pejabat setara Direktur Jenderal. Kota Solo mempersiapkan produk UMKM Solo maupun UMKM kabupaten di Soloraya untuk bisa dibawa ke negara asal para perwakilan sejumlah negara. “Hasil G20 bagi masyarakat yang dijadikan arena itu benar-benar membawa manfaat ekonomi,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya