SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

International Champions Cup (ICC) akan menghadapkan dua tim raksasa Eropa, Barcelona vs Man United. Siapa pemenangnya?

Solopos.com, CALIFORNIA— Kapten Manchester United, Wayne Rooney, tanpa ragu mengagumi skuat Barcelona saat ini. Penyerang berjuluk Wazza itu bahkan menilai pasukan Luis Enrique merupakan tim terbaik di Camp Nou dalam satu dekade terakhir. 

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Penilaian Rooney ada benarnya. Di bawah kendali pelatih Luis Enrique, Barcelona sukses meraih treble winner (Liga Champions, Liga Primera, Copa del Rey) pada 2014/2015 dengan menampilkan gaya yang lebih variatif dan berbahaya.

Berbeda dengan Barcelona saat menjuarai treble bersama Josep “Pep” Guardiola pada 2008/2009, Lionel Messi dkk. tak lagi melulu mengandalkan penguasaan bola, pressing ketat, dan umpan-umpan pendek alias tiki-taka. Namun, Blaugrana, julukan Barcelona, juga memainkan strategi serangan balik dan umpan-umpan panjang sebagai salah satu senjata mematikan yang sulit dibaca lawan.

“Barcelona adalah tim fantastis dan setelah Real Madrid memenangi Liga Champions [2013/2014], mereka bangkit kembali dengan luar biasa, mungkin sama bagusnya selama 10 tahun terakhir, saya yakin itu,” urai Rooney, seperti dilansir ESPN, Jumat (24/7/2015).

Sementara pada musim 2014/2015, United bersama pelatih baru mereka, Louis van Gaal, berjibaku untuk finis keempat Liga Premier demi menembus playoff Liga Champions. Meski demikian, tim pencetak rekor juara Liga Premier itu tentu tak ingin merasa jauh berdiri di bawah level Barcelona ketika kedua tim dipertemukan pada laga pramusim International Champions Cup (ICC) di Levi’s Stadium, Santa Clara, California, Amerika Serikat (AS), Minggu (26/7/2015) pukul 03.00 WIB.

Bersama United, Rooney pernah merasakan getir takluk di hadapan Barcelona pada final Liga Champions 2009 dan 2011. Pada partai puncak Liga Champions empat tahun silam mungkin menjadi momen paling menyakitkan dan menyisakan trauma besar bagi Rooney dkk. karena mereka dipermalukan Blaugrana dengan skor 3-1 di Stadion Wembley, London, yang dibanjiri fans Setan Merah. “Anda nyaris memenangi itu [Liga Champions] dan kalah dua kali dari Barcelona itu sangat-sangat berat,” ungkap Rooney.

Van Gaal kemungkinan besar akan memacu amunisi-amunisi barunya kembali ketika melawan mantan klubnya itu, yakni dengan menurunkan Memphis Depay, Matteo Darmian, Bastian Schweinsteiger, dan Morgan Schneiderlin. Meneer asal Belanda itu juga diprediksi memainkan kiper David de Gea yang santer dispekulasikan hengkang ke musuh bebuyutan Barcelona, Real Madrid.

Kiper muda asal Spanyol itu mengalami cedera punggung hingga sengaja disimpan dalam dua laga tur pramusim di AS ketika menang 1-0 atas Club America dan menundukkan San Jose Earthquakes 3-1.

“Saya melihatnya dalam kondisi baik, dia bisa bermain melawan Barcelona. Dia mengalami cedera [awal pekan ini] jadi saya bilang ‘Pergilah ke bawah mistar gawang kami akan membuat poin langsung dari para striker, namun itu terlalu berisiko atas cederamu’. Itu karena kami ingin melihatnya pulih. Saya pikir dia bisa bermain melawan Barcelona dan saya harap dia bisa main,” ujar Van Gaal, seperti dilansir Daily Mail.

Tanpa Messi, Neymar dan sejumlah pemain bintang lain yang baru pulang dari tugas negara masing-masing Copa America 2015, Barcelona masih mampu menundukkan Los Angeles (LA) Galaxy 2-1 pada laga pembuka mereka di tur pramusim kali ini. (Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos)

BARCELONA VS MANCHESTER UNITED
– Live Indosiar, Minggu (26/7) Pukul 03.00 WIB
– Stadion: Levi’s Stadium (Santa Clara, California)
 
– Barcelona (4-3-3) Pelatih: Luis Enrique (Spanyol)
Ter Stegen
Alba, Vermaelen, Pique, Pereira
Rakitic, Busquets, Iniesta
Pedro, Suarez, Munir
Cadangan: Masip, Mathieu, Adriano Correia, Bartra, Sergi Roberto, Rafinha, Munir, Sergi Samper, Vermaelen, Mathieu, Sandro Ramirez, Adriano Correia, Pique, Bartra, Gerard Gumbau, Sergi Roberto, Halilovic, Rafinha, Jose Suarez
 
– Manchester United (4-3-3) Pelatih: Louis van Gaal (Belanda)
Lindegaard
Darmian, Jones, Evans, Shaw
Schneiderlin, Carrick, Schweinsteiger
Mata, Rooney, Depay
Cadangan: Blind, Lingard, Blackett, Wilson, Januzaj, Young, Andreas Pereira,
McNair, Smalling, Herrera, Schweinsteiger, Valencia, Lindegaard, Fellaini, Hernandez, Di Maria, Goss,
De Gea, Rojo
 
Sumber: Sport Mole. (hkt/JIBI)

Manchester United akan bertemu Barcelona di turnamen pramusim ICC. Ist/vidio.com/google-image

Manchester United akan bertemu Barcelona di turnamen pramusim ICC. Ist/vidio.com/google-image

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya