INTER Vs JUVENTUS : Tundukkan Inter 2-1, Misi Balas Dendam Juve Terpenuhi
Striker Juventus, Alessandro Matri (kedua dari kanan), melepaskan tembakan untuk menciptakan gol kedua yang membawa timnya unggul 2-1 atas Inter Milan pada lanjutan Liga Seri A Italia di Giuseppe Meazza, Sabtu (30/3/2013) malam WIB. dokJIBI/SOLOPOS/Reuters
Striker Juventus, Alessandro Matri (kedua dari kanan), melepaskan tembakan untuk menciptakan gol kedua yang membawa timnya unggul 2-1 atas Inter Milan pada lanjutan Liga Seri A Italia di Giuseppe Meazza, Sabtu (30/3/2013) malam WIB. dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

MILAN – Ambisi Juventus membalas kekalahan dari Internazionale Milan pada lanjutan Liga Seri A berjalan mulus. Bianconeri sukses menundukkan Inter 2-1 dalam duel bertajuk Derby d’Italia di Stadion Giuseppe Meazza, Sabtu (30/3/2013) malam WIB.

Kemenangan Juve tercipta melalui gol yang masing-masing diciptakan Fabio Quagliarella dan Alessandro Matri. Sementara, gol balasan sekaligus penghibur tuan rumah, Inter, disumbangkan Rodrigo Palacio.

Hasil menjadi balasan Juventus atas kekalahan dari Inter awal musim lalu. Pada pertemuan sebelumnya, awal musim lalu, Inter sukses menghentikan rekor 49 kali kemenangan beruntun Juventus dengan meraih kemenangan 3-1 di Juventus Stadium.

Selain itu, kemenangan ini juga membawa Juventus kian kokoh di puncak klasemen Seri A. Bianconeri kian memperlebar gapnya dengan Napoli, yang menempati urutan kedua, dengan selisih 12 poin. Juventus mengemas 68 poin, sedang Napoli, yang baru menjalani laga melawan Torino, Minggu (31/3/2013) dini hari, mengantongi nilai 56 poin.

Dalam laga yang bertajuk Derby d’Italia itu, Inter mengambil inisiatif serangan terlebih dahulu. Namun, kendali Inter hanya bertahan beberapa saat.

Juventus langsung mengambil alih determinasi. Bahkan, saat pertandingan baru memasuki menit ketiga, Bianconeri, julukan Juventus, sudah menciptakan keunggulan melalui gol cantik, Quagliarella.

Tembakan keras striker Juventus ini dari luar kotak penalti menghujam mulus ke sisi kanan gawang Inter. Kiper Inter, Sami Handanovic, pun tak mampu membendungnya. Juve unggul 1-0.

Tertinggal Inter mencoba memberi respon. Namun, para pemain Juventus bermain ekstra disiplin. Tak hanya menggalang kekuatan di lini tengah, skuat besutan Antonio Conte juga tangguh di lini belakang.

Inter sempat membuat peluang berbahaya di menit ke-13. Tandukan Palacio yang memanfaatkan crossing dari sisi kiri pertahanan Juventus menghujam kencang ke gawang Gianluigi Buffon. Namun, kiper nomor satu Italia ini masih mampu membendungnya.

Ancaman Inter lagi-lagi hanya bertahan beberapa saat. Juventus bermain lebih dominan. Dari catatan statistik pertandingan, Juve unggul penguasaan bola 51 persen berbanding 49 persen.

Lini tengah Juve memang terlihat solid. Andrea Pirlo yang bertindak sebagai jendral lapangan tengah turut ditopang Arturo Vidal dan Claudio Marchisio untuk memberi suplai ke lini depan.

Strategi ini cukup jitu. Beberapa kali pergerakan Vidal, Pirlo, serta Matri mampu merepotkan pertahanan Inter.

Menjelang babak pertama berakhir, Inter kian gencar mengejar ketertinggalan. Palacio menjadi tumpuan La Benemata, julukan Inter, menjebol gawang Buffon.

Pada menit ke-44, penyerang asal Argentina ini kembali mendapat peluang berbahaya melalui tandukan. Namun, gawang Juve masih selamat oleh Buffon. Hingga peluit babak pertama dibunyikan, keunggulan Juventus 1-0 tak terusik.

Pada interval kedua, tensi duel berlabel Derby d’Italia ini kian meningkat. Inter tampil lebih berani untuk mengejar ketertinggalan, sedang Juve banyak mengandalkan serangan balik.

Berbagai upaya pun diciptakan La Benemata untuk menjebol pertahanan Juve. Upaya Inter menuai hasil di menit ke-54. Umpan terobosan apik Antonio Cassano kepada Palacio mampu mengelabui pemain belakan Juve. Palacio yang bebas dan tinggal berhadapan dengan Buffon pun mampu mengeksekusi bola dengan dingin untuk membuahkan gol dan mengubah kedudukan menjadi 1-1.

Namun, kedudukan sama kuat ini tak bertahan lama. Juve merespon dengan cepat kebobolannya.

Pada menit ke-60, Juventus kembali unggul melalui Matri. Umpan sisi kanan yang dilepaskan Quagliarella sebelum keluar lapangan mampu diceploskan dengan jitu oleh Matri ke gawang Inter. Juventus pun kembali unggul dengan kedudukan 2-1.

Kembali dalam kedudukan tertinggal, Inter kian agresif. Namun, hingga peluit panjang dibunyikan wasit Inter tak mampu mengejar ketertinggalan.

Susunan Pemain

Inter Milan (3-4-1-2)

Handanovic; Ranocchia (Cambiasso 66’), Samuel, Chivu; Zanetti, Kovacic, Gargano (Rochi 79’), Pereira; Alvarez (Guarin 46’); Palacio, Cassano

Juventus (3-5-2)

Buffon (Gk); Barzagli, Bonucci, Chiellini; Padoin, Vidal, Pirlo, Marchisio, Asamoah (Peluso 63’); Matri (Pogba 74’), Quagliarella (Giovinco 82’)


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho