SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

 

Harianjogja.com, JAKARTA — Situs berbagi foto Instagram dilaporkan kena blokir di Tiongkok. Hal ini diduga berkaitan dengan demonstrasi pro demokrasi yang saat ini sedang berlangsung di Hong Kong.

Promosi Nusantara Open 2023: Diinisiasi Prabowo, STY Hadir dan Hadiah yang Fantastis

Mengapa Instagram yang kena blokir? Rupanya para demonstran di Hong Kong banyak memposting foto dan video di situs kepunyaan Facebook itu. Foto dan video banyak menampilkan aksi para demonstran atau polisi yang berusaha menghalau massa.

Ekspedisi Mudik 2024

Beberapa foto diposting dengan hastag yang dinilai provokatif. Seperti “#OccupyCentral” atau “#OccupyHK.” Pemblokiran pun dilakukan karena sepertinya pemerintah Tiongkok tidak ingin aksi demonstrasi turut mempengaruhi warga setempat.

Dikutip detikINET dari Cnet, Senin (29/9/2014), Instagram sendiri cukup diminati di Tiongkok dan tidak diblokir seperti induk perusahaannya, Facebook. Pihak Instagram belum bersedia berkomentar mengenai permasalahan ini.

Aksi demonstrasi di Tiongkok sendiri kian memanas. Ribuan orang berkumpul di pusat kota untuk melakukan protes atas keputusan Beijing untuk meniadakan pemilihan umum yang bebas di bekas koloni Inggris itu.

Meski sempat dibubarkan, jumlah massa justru semakin banyak. Polisi pun mulai bertindak tegas untuk mencegah kerusuhan makin meluas.

Inggris mengembalikan Hong Kong ke pemerintahan Tiongkok pada tahun 1997. Beijing pada bulan lalu menolak tuntutan agar masyarakat bebas memilih penguasa wilayah otonomi khusus Hong Kong pada 2017. Hal ini memicu ancaman dari para aktivis yang mengancam menutup distrik keuangan lewat kampanye yang mereka sebut sebagai Occupy Central.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya