SOLOPOS.COM - Ilustrasi (dok Harian Jogja)

Ilustrasi (dok Harian Jogja)

KULONPROGO—Sebuah Instalasi pengambilan air akan dibangun di tepi Kali Progo Kecamatan Kalibawang. Instalasi ini diperkirakan bisa mencukupi 50.000 jiwa di Kalibawang dan sekitarnya.

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

“Ini sudah hampir klir. Instalasi ini akan dibangun dan untuk pertama kalinya akan digunakan mencukupi kebutuhan masyarakat Kalibawang,” ungkap Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo, usai meninjau lokasi Dusun Klangon Desa Banjaroya Kalibawang, yang direncanakan untuk pembangunan penampungan air, Rabu (3/10).

Turut serta dalam peninjauan itu, Satker PKPAM Kementerian PU di DIY, Harjono dan Direktur PDAM Kulonprogo Djumantoro, Camat Kalibawang Nur Wahyudi dan Kepala Desa Banjaroya Wiwin Windarta. Pada kesempatan itu, dilakukan penyerahan bantuan air bersih dari PDAM untuk masyarakat Desa Banjaroya.

Di hadapan masyarakat Banjaroya Kalibawang, Hasto Wardoyo mengungkapkan instalasi ini akan menaikkan air dari Kali Progo, dekat lokasi pertemuan dengan Kali Putih. Air akan ditampung di penampungan besar yang dibangun di Dusun Klangon tersebut. Lokasi ini merupakan tanah kas desa yang sudah mendapatkan persetujuan dari Pemerintah Desa seluas satu hektare untuk tempat penampungan air.

Dalam ijin yang diajukan, pihaknya mengajukan debit air yang akan disedot mencapai 100 liter per detik, namun pada tahap awal, pelaksanaan pembangunan baru akan 50 liter per detik. “Jumlah ini cukup untuk 50.000 jiwa, terdiri warga empat desa di Kalibawang, beberapa dusun di Samigaluh bawah dan Nanggulan,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya