Instagram Akan Hapus Data Pribadi yang Disebar di Add Yours

Meta Indonesia mengatakan Instagram akan menghapus konten yang membagikan, menawarkan, serta mengumpulkan informasi identitas pribadi.

 Ilustrasi Instagram (cepymenews.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Instagram (cepymenews.com)

Solopos.com, JAKARTA — Meta Indonesia, nama baru dari perwakilan Facebook di Tanah Air, mengatakan akan menghapus konten berisi data pribadi pengguna yang menjadi korban penipuan bertajuk chanllenge Add Yours di Instagram.

Meta Indonesia mengatakan Instagram akan menghapus konten yang membagikan, menawarkan, serta mengumpulkan informasi identitas pribadi. Atau informasi pribadi lainnya yang menyebabkan kerugian fisik atau keuangan.

“Kami akan menghapus konten yang membagikan, menawarkan, serta mengumpulkan informasi identitas pribadi. Atau informasi pribadi lainnya yang dapat menyebabkan kerugian fisik atau keuangan. Seperti informasi keuangan, tempat tinggal dan medis. Serta informasi pribadi yang diperoleh dari sumber ilegal,” kata Perwakilan Meta Indonesia saat dikonfirmasi Suara.com, Selasa (23/11/2021).

Baca juga: Huawei Luncurkan MateBook 14 dan 14s Pada Desember 2021

Meta Indonesia menyebut, privasi dan keamanan informasi data pribadi pengguna merupakan hal yang sangat penting bagi Instagram. Untuk itulah mereka berupaya keras dalam menjaga informasi dan identitas pribadi pengguna.

“Dan kami tidak memperbolehkan pengguna mem-posting informasi pribadi atau bersifat rahasia, baik tentang diri mereka sendiri maupun orang lain,” tutur Meta Indonesia.

Add Yours sendiri merupakan sebuah fitur yang bisa dibagikan pengguna lewat Instagram Stories. Fitur berbentuk stiker yang diresmikan awal November ini memungkinkan pengguna bisa lebih interaktif dengan membuat tren tertentu.

Baca juga: Cara Dapat Set Top Box Gratis TV Digital dari Kominfo

Berdasarkan pantauan Suara.com, Add Yours memang mulai menyebar di Instagram Stories. Isinya beragam, mulai dari nama panggilan masa kecil, beda usia pasangan, hingga arti nama pengguna.

Sebelumnya diberitakan warganet membagikan kisah temannya setelah mengikuti challenge tren Add Yours di Instagram Stories. Akibat fitur itu, temannya kena tipu dan ceritanya viral di Twitter.

“Pagi td temen sy tlp, nangis2 abis ditipu katanya. Biasalah, penipu yg tlp minta transfer gtu. Yg bikin temen sy percaya, si penipu manggil dia pim. Pim adlh panggilan kecil tmn sy, yg hanya org deket yg tau. Terus dia inget dia abis ikutan ini,” kata @ditamoechtar_ sembari menautkan screenshot Add Yours ‘variasi panggilan nama kamu’ di Twitter.

Hingga 16.05 WIB, tweet Dita Moechtar itu mendapatkan 25,1 ribu retweet, 6.498 tweet kutipan, dan 54,7 ribu likes. Suara.com sudah meminta izin ke Dita Moechtar untuk mengutip tweet tersebut.

 

Berita Terkait

Espos Plus

Berita Terkini

Riset Independen, Samsung Kuasai Pasar Ponsel Entry Level Indonesia

Samsung mengeklaim telah jadi penguasa pasar ponsel entry level di Indonesia berdasarkan riset independen yang dilakukan vendor asal Korea Selatan ini.

Jam Pintar Olike Zeth W1 Meluncur di Indonesia, Ini Fiturnya

Olike resmi merilis jam pintar Olike Zeth W1 berdesain tipis untuk menemani aktivitas kesehatan penggunanya.

Dikeluhkan Pengguna, Apa Itu Pink Screen di iPhone 13

Sejumlah pengguna mengeluhkan masalah layar merah muda atau Pink Screen di iPhone 13, bagaimana penjelasan Apple?

Twitter Perkenalkan Fitur Baru, Bikin Pengguna Bisa Pamer NFT

Twitter memperkenalkan fitur terbaru NFT Profile Pictures yang memungkinkan penggunanya memamerkan non fungible token atau NFT.

Browser Khusus Kripto Buatan Opera, Apa Saja Fiturnya?

Fitur utama Web3 kripto browser ini adalah built-in non-custodial wallet yang akan mendukung blockchain termasuk Ethereum, Bitcoin, Celo, dan Nervos.

+ PLUS Rp8,1 Triliun per Bulan dari "Servis Telinga", Spotify Juaranya

Pendapatan bulanan Rp8,1 triliun bisa dicapai dari servis telinga alias penyedia layanan musik streaming.

Samsung Galaxy Tab A8 Meluncur di Indonesia, Cek Kemampuannya

Samsung baru saja meluncurkan Galaxy Tab A8 di Indonesia dengan kapasitas baterai 7.040 mAh dan memori internal hingga 128 GB.

Ini Tips Memilih STB Biar Bisa Nonton Siaran Digital

Belilah set top box (STB) yang memiliki tulisan DVB-T2 atau siap digital pada kemasannya, agar TV bisa menangkap siaran digital.

Data BI Bocor, Kemenkominfo Awasi Penyelenggara Sistem Elektronik

Menyikapi kasus peretasan Data Bank Indonesia (BI), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan terus mengawasi penyelenggara sistem elektronik.

+ PLUS Torium Memenuhi Kebutuhan Energi 10 Miliar Orang Selama 20.000 Tahun

Torium bisa memenuhi kebutuhan energi 10 miliar orang untuk jangka waktu 10.000 tahun hingga 20.000 tahun.

Infinix INBOOK X2 Dengan Kamera Pencahayaan Ganda

Infinix INBOOK X2 hadir dengan versi yang lebih ringan dan tipis jika dibandingkan dengan versi sebelumnya

Vivo V23 5G Rilis Akhir Januari, Ini Bocoran Spesifikasinya

Vivo V23 segera hadir dengan desain elegan dan fast charging, untuk memenuhi kebutuhan kecepatan dan kecanggihan teknologi saat ini.

+ PLUS Drone Makin Dibutuhkan, Pengembangan Teknologi Pesat

Teknologi drone berkembang pesat. Kegunaan drone makin beragam di banyak sektor. Perusahaan-perusahaan drone mengembangkan pasar berbasis kebutuhan dan manfaat.

Kemenkominfo: Tingkat Keamanan Digital Indonesia Tidak Memuaskan

Kemenkominfo menyebut tingkat keamanan digital Indonesia paling rendah dibandingkan dengan pilar literasi digital lainnya.

Catat! Redmi Note 11 Diluncurkan 26 Januari

Seri Redmi Note 11 akan diluncurkan di pasar global pada 26 Januari mendatang. Demikian kabar dari Xiaomi melalui unggahan teaser di Twitter.

Find N Ponsel Lipat dari Oppo, Cek Spesifikasinya

Oppo memamerkan smartphone flagship atau ponsel lipat pertamanya Oppo Find N dalam ajang Inno Day yang digelar secara offline di Indonesia.