SOLOPOS.COM - Para pekerja Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah (JBT) tengah diambil plasma darah untuk terapi convalescent pasien Covid-19 di Kantor PMI Kota Semarang, Sabtu (16/1/2021). (Istimewa-Pertamina JBT)

Solopos.com, SEMARANG -- Sebanyak 30 pegawai Pertamina Jawa Bagian Tengah (JBT) berinisiatif mendonorkan plasma darah mereka untuk membantu kesembuhan pasien Covid-19.

Plasma darah dari puluhan orang tersebut selanjutnya akan digunakan dan terapi plasma convalescent atau konvalesen.

Promosi Sambungkan Senyuman, Telkomsel Beri Bantuan Paket Data & Obat-Obatan di Demak

Terapi ini dipercaya menjadi salah satu alternatif untuk mendukung kesembuhan pasien Covid-19. Di sisi lain, ketersediaan plasma konvalesen untuk terapi kesembuhan Covid-19 masih terbilang minim.

Sejarah Hari Ini: 16 Januari 2002 Garuda Mendarat di Bengawan Solo

Donor plasma darah diikuti sekitar 30 pekerja Pertamina JBT yang pernah terkonfirmasi Covid-19 dan telah dinyatakan sembuh. Mereka mendonorkan plasma darahpada Jumat-Sabtu (15-16/1/2021) dan diserahkan ke Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Semarang.

Executive General Manager Pertamina Regional JBT, Sylvia Grace Yuvenna, mengatakan setidaknya ada 30 pekerja yang nantinya secara berkesinambungan akan mendonorkan plasma darahnya. Ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian Pertamina JBT terhadap penanganan Covid-19.

“Pekerja tersebut dipastikan sudah sembuh dari Covid-19. Itu dibuktikan dengan hasil swab PCR dua kali negatif,” tutur Sylvia dalam keterangan resmi yang diterima Semarangpos.com, Sabtu pagi.

Sedih, Keluarga Miskin di Sragen Tinggal di Rumah dalam Hutan Tanpa Listrik

Bentuk Kepedulian

Sementara itu, Medical Manager Pertamina JBT, dr. Datuk Fachrul Razy, menerangkan terapi plasma darah konvalesen untuk mendorong kesembuhan pasien Covid-10 telah digunakan di beberapa negara selain Indonesia, seperti Amerika dan Eropa.

"Selain itu, hal ini juga sebagai bentuk kepedulian dari pekerja Pertamina yang secara sukarela ingin membantu dalam kesembuhan pasien Covid-19. Pemberian donor plasma darah ini merupakan kali pertama yang dilakukan Pertamina,” imbuh Fachrul.

Kapal Nelayan Vs Kapal Niaga di Batang, 12 ABK Masih Hilang

Fachrul menerangkan virus Corona yang pernah menginfeksi sebelumnya menjadi kesempatan untuk memberikan pertolongan bagi pasien yang saat ini sedang berjuang untuk sembuh.

"Terlebih lagi Jawa bagian tengah merupakan salah satu wilayah utama tujuan pemudik dan turis maupun asal daerah pekerja Pertamina. Beberapa waktu terakhir, peningkatan pasien Covid-19 juga tinggi. Dengan bantuan ini diharap mampu mengurangi dampak Covid-19,” terang Fachrul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya