Kategori: Leisure

Inspirasi Desain Apartemen Ala Drama Korea


Solopos.com/Celia Sandjaja

Solopos.com, SOLO -- Demam Korea sekarang sedang melanda masyarakat seluruh dunia tidak terkecuali Indonesia. Dari musik hingga dramanya mampu membius masyarakat Indonesia. Bahkan beberapa judul drama yang mempunyai rating tinggi ditayangkan di salah satu stasiun televisi di Indonesia. Apa saja yang bisa kita sorot dari drama ini? Apakah hanya latar belakang ceritanya atau visual pemainnya dan lokasi syutingnya?

Kali ini, kita tidak akan membahas tentang review drama Koreanya. Namun, kita akan membahas desain apartemen yang muncul di berbagai drama Korea. Selain desain rumah atau apartemen yang menarik, dekorasinya pun memikat perhatian masyarakat sehingga cukup menarik untuk diulik. Gaya desain Korea disebut unik karena banyak memadukan gaya tradisional dengan elemen natural di apartemen tetapi tetap terlihat mewah.

Baca Juga: Anak Bosan Belajar Online? Yuk Coba Desain Ruang Belajarnya

Yuk, simak informasi seputar desain apartemen ala drama Korea yang dilansir dari bramblefurniture.com.

1. Material Kayu
Tahukah kamu bahwa interior desain Korea banyak memakai material kayu? Selain karena ingin menciptakan kesan terang dan luas pada ruangan yang berasal dari warna kayu, rasa hangat pun juga ingin diciptakan dari desain ala drama Korea. Penggunaan material kayu menjadi favorit karena mampu untuk memasukkan atmosfer alami ke dalam hunian dan menciptakan warna yang selaras.

2. Warna-Warna Natural Jadi Kunci
Kamu mau mendesain apartemen ala drama Korea? Siapkan kayu yang memiliki warna kalem, netral dan monokromatik. Jika warna putih saja menurutmu membosankan, kamu bisa menambahkan beberapa aksen warna lain yang lebih cerah seperti abu-abu muda, cokelat muda, krem, biru, dan warna lain sesuai selera. Desain ini bisa membuat apartemenmu terlihat berkelas dengan warna temaram.

Mengurangi Penggunaan Perabotan Rumah

3. Tanpa Ranjang
Sekarang kita masuk pada desain kamar apartemen yang bermunculan di drama Korea. Jika kamu sering melihat drama Korea kamu pasti tahu banget kalau mereka mempunyai kebiasaan tidur di lantai tanpa kasur. Ternyata kebiasaan ini bukan tanpa alasan dilakukan terus menerus. Sang penghuni apartemen memiliki tujuan untuk mengurangi penggunaan perabotan rumah yang berukuran besar sehingga ruangan jadi lebih luas.

4. Terdapat Dudukan pada Lantai
Apartemen di Korea ternyata lebih banyak yang memakai furnitur yang datar dan rendah. Selain kasur, kamu bisa menambahkan dudukan pada lantai. Jangan lupa beri bantalan untuk dasar area duduk. Berilah meja rendah dengan bantal model tradisional yang mampu mempermanis ruangan. Tidak hanya di kamar saja, di ruang makan pun masyarakat Korea banyak menggunakan meja rendah karena mereka makan dengan posisi duduk bersila.

Baca Juga: Ingin Lebih Dekat Dengan Alam? Coba Intip Desain Rumah Ala Jepang Ini

5. Menerapkan Desain Mezzanine
Penonton setia drama Korea pasti sering menemui tokoh yang dilihatnya tinggal di apartemen studio. Jika kamu adalah salah satu orang yang sekarang tinggal di apartemen studio, kamu bisa mendesain hunianmu dengan membuat mezzanine. Mezzanine ini dibuat untuk menjaga area tidur lebih privat karena tidak terlihat oleh tamu yang berkunjung. Di Korea, desain kamar apartemen studio dengan mezzanine disebut dengan apartemen atau rumah lantai ganda.

6. Memanfaatkan Cahaya Alami
Desain apartemen ala drama Korea menekankan pada penciptaan ruang yang harmonis dengan pencahayaan alami. Cahaya alami menjadi sarana efektif dalam menerangi apartemen secara langsung. Pencahayaan alami lebih ramah untuk mata penghuni dan ruangan menjadi lebih segar dan sehat.

Kesimpulan yang bisa kita peroleh yakni ide desain apartemen Korea yang mayoritasnya menggunakan gaya minimalis dengan minim dekorasi. Gaya ini diterapkan dengan tujuan menghemat ruang dan membuat ruangan lebih cerah dan sederhana.

Share
Dipublikasikan oleh
Ivan Indrakesuma