SOLOPOS.COM - Ir Ciputra (JIBI/Bisnis)

Pengusaha papan atas Indonesia, Ir Ciputra membagi resep sukses berwirausaha. Berikut tulisannya dalam Ciputra Way.

Solopos.com, JAKARTA — Entrepreneurship mirip dengan menukarkan uang Anda sendiri sebagai seorang pedagang. Tepatnya. Tidak ada perbedaan dalam pola pikir, dinamika dan hal lainnya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Perbedaan lainnya antara banyak pedagang dan entrepreneur pemilik startup ialah bahwa pedagang biasanya tidak memiliki keinginan dan rencana untuk membesarkan usahanya hingga skala yang lebih besar.

Jual beli dengan metode elektronik memudahkan pedagang untuk membesarkan usaha. Para entrepreneur berbeda karena mereka sejak awal sudah memiliki ambisi dan rencana untuk membesarkan usahanya semaksimal mungkin.

Awalnya para entrepreneur memulai dari nol, memfokuskan diri pada satu hal yang lebih baik, setelah mencetak sukses awal dan pasar memvalidasi strategi mereka, jadilah lebih besar. Jika pasar terus mevalidasi strategi entrepreneur itu, mereka dapat memperbesar skala usaha.

Keduanya sangat berisiko. Keduanya bisa memberikan entrepreneur peluang untuk menghasilkan atau menghabiskan uang dalam jumlah banyak. Awalnya peran sebagai entrepreneur memaksa seseorang untuk mengerjakan banyak tugas dan peran.

Keduanya memaksa untuk membuat keputusan dalam setiap aspek bisnis karena bisa jadi keputusan itu bisa bermakna keberlangsungan bisnis Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya