SOLOPOS.COM - Agus Fatchurrahman (JIBI/SOLOPOS/dok)

Agus Fatchurrahman (JIBI/SOLOPOS/dok)

SRAGEN–Bupati Sragen, Agus Fatchur Rahman akan berusaha menaikkan nilai insentif bagi mereka yang menjabat sebagai ketua RT/RW di Kabupaten Sragen.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Tahun ini Rp50.000/bulan, besok diundakke [dinaikkan] lagi,” katanya saat memberikan sambutan dalam acara Silaturahmi dan Halalbihalal Keluarga Besar Dinas Pendidikan Kabupaten Sragen di Aula SMAN 1 Sragen, Kamis (6/9/2012).

Namun Agus meminta agar para ketua RT/RW mau memenuhi aturan, yaitu membuat surat pertanggungjawaban (SPj). Pasalnya dana yang digunakan untuk membayar insentif RT/RW adalah dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sragen.

“APBD keluar itu harus dengan SPj,” jelasnya.

Menurutnya saat ini masih cukup banyak ketua RT/RW yang belum terbiasa membuat SPj. Oleh karena itu perlu ada bimbingan khusus. Ia juga meminta para ketua RT membantu program Pemkab Sragen. Misalnya terkait santunan kematian bagi warga miskin. Jika memungkinkan, ketika ada warga miskin yang meninggal dunia, ketua RT memberikan talangan santunan kematian terlebih dahulu. Jika dana dari pemerintah cair, dana itu pasti akan diganti.

Agar proses pencairan santunan kematian bisa cepat, terangnya, ketua RT bisa menghubungi pihak Kantor Unit Pelayanan Terpadu Penanggulangan Kemiskinan (UPTPK).

“Biasanya orang miskin tidak diajeni. Tapi petugas UPTPK semua saya minta melayani orang miskin dengan baik. Mereka tampil rapi berdasi dan sabar-sabar,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya