SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dwi Prasetya/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi (Dwi Prasetya/JIBI/SOLOPOS)

WONOGIRI--Input data kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) dimaksimalkan hingga 7 November 2012.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sedangkan pada 8 November direncanakan ada pengumuman langsung dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait kelanjutan e-KTP di 2012 di sejumlah kabupaten/kota di Indonesia.  Sebelumnya, dari informasi secara lesan dari Kemendagri, input data e-KTP dibatasi hingga akhir Oktober.

“Kami menerima kabar itu saat rakor [rapat koordinasi] evaluasi e-KTP se-Jawa Tengah di Semarang pada Jumat (2/11/2012),” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Wonogiri, Hernowo Narmodo, saat dihubungi Solopos.com, akhir pekan kemarin.

Ia menambahkan saat rakor tersebut, pencapaian input data tidak berdasarkan persentase melainkan jumlah warga yang telah input. Sebab, apabila dilihat dari persentasenya, pemerintah tidak bisa mengetahui jumlah warga yang belum terinput. Selain itu, pemerintah pusat juga akan melakukan verifikasi jumlah penduduk yang telah input data untuk menentukan kebijakan selanjutnya.

Sementara capaian input data e-KTP hingga 17 Oktober lalu yakni 81,22% dari kuota nasional sebanyak 855.129 wajib KTP. Jumlah warga yang telah input data sebanyak 694.537 orang.

Di sisi lain, input data e-KTP secara keliling masih dihentikan karena menunggu cairnya dana APBD Perubahan 2012. Juga menunggu keputusan pemerintah pusat pada 8 November.  Seperti diberitakan sebelumnya, usulan dinas dalam APBD Perubahan 2012 yakni pengadaan satu unit mobil, genset dan stavolt. Kabid Kependudukan, Susilo Sedyono, menyatakan E-KTP secara keliling baru menjangkau dua kecamatan yakni Kecamatan Wuryantoro dan Manyaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya