SOLOPOS.COM - Batu Wifi (Liputan6.com)

Inovasi teknologi batu terbakar mampu menyebarkan sinyal Wifi.

Solopos.com, NEUENKIRCHEN — Meski tak ada sinyal seluler, kini Anda bisa mengakses Internet di hutan setelah adanya inovasi teknologi batu yang mampu menyebarkan sinyal Wifi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti dikutip dari Liputan6 dan Damngeeky, Kamis (18/2/2016), inovasi teknologi Wifi itu dibuat oleh seniman asal Jerman, bernama Aram Bartholl. Batu Wifi bernama Keepalive bisa menghasilkan sinyal Wifi dengan membakar bagian bawahnya.

Pasalnya di dalam batu ini sudah ditanamkan generator thermoele atau pembangkit listrik dengan tenaga panas. Jadi Wifi yang dipancarkan inovasi teknologi batu seberat 1,5 ton itu memperoleh listrik dari energi panas.

Uniknya lagi, inovasi teknologi batu Keepalive Wifi bisa mengunggah dan mengunduh file secara bebas. Karena kelebihan yang dimiliki ini, router pada batu itu langsung memberikan rekomendasi-rekomendasi laman yang berjudul nyeleneh dan beberapa e-book dengan judul yang aneh juga.

Laman yang ditawarkan antara lain berjudul, Panduan Kencan A sampai Z, Dasar-Dasar Anak Cowok 101: Strategi Bertahan Hidup Menjadi Orangtua Cowok Remaja, Panduan Bercerai Mandiri, Bertahan Hidup di Tengah Drone, dan Panduan Steampunk dalam Bercinta. Judul-judul nyeleneh itu akan sering Anda temukan di e-book ilegal yang tersedia di situs Internet.

Bartholl dengan tegas menolak tuduhan dirinya yang mengunggah file-file aneh tersebut. Dia juga menjelaskan kemungkinan besar banyak dari buku-buku itu diunggah oleh pengunjung yang mampir ke lokasi area Wifi di hutan Springhornhof, Neuenkirchen, Jerman

Aram Bartholl, telah menciptakan proyek berbagi data secara publik sebelumnya tahun 2010. Disebut dead drops, proyeknya itu merupakan USB yang dipasang di tembok si tempat umum, yang membolehkan orang-orang mengunggah dan mengunduh berkas yang mereka inginkan. USB itu masih terpasang di bagian samping sebuah bangunan di New York.

Sedangkan, inovasi teknologi Keepalive berbeda, Bartholl memberikan sentuhan kuno dari batu dan kecangggihan teknologi di dalamnya. Batu bertenaga panas api ini dapat membalikkan keadaan bagi para penjelajah hutan untuk memperbesar tingkat keselamatan dengan adanya batu Wifi ini. (Ardhon Purtama Putra/JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya