SOLOPOS.COM - USB Killer bikinan Rusia. (Istimewa)

Inovasi teknologi kali ini menghadirkan sebuah flashdisk paling berbahaya di dunia.

Solopos.com, MOSKOW – Lembaga riset keamanan Rusia, Dark Purple, membuat flashdisk canggih yang mampu merusak berbagai macam mesin. Bagamana cara kerjanya?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam sebuah video berdurasi 50 detik yang diunggah di YouTube, sebuah laptop mati tak lama setelah flashdisk tersebut dipasang. Pengguna pun berkali-kali mencoba untuk menghidupkan laptop, namun sayang sepertinya sirkuit laptop tersebut sudah terlanjur rusak.

Dilansir Telegraph, Jumat (16/10/2015), cara USB flashdisk maut itu menghancurkan laptop adalah dengan cara mengirimkan arus listrik 220 volt melalui jalur sinyal dari antar muka USB.

Dark Purple pun mengklaim jika flashdisknya itu tak hanya mampu merusak PC atau laptop, tetapi juga semua perangkat yang dilengkapi dengan colokan USB drive.

Ini artinya televisi, smartphone, modem, hingga router yang sudah dilengkapi dengan USB drive bisa dirusak dengan mudah oleh alat ini. Dalam keterangannya, Dark Purple memaparkan tujuannya, yakni menciptakan alat tersebut dengan satu misi, merusak komputer!

Meski dalam video terlihat jelas bahwa laptop mati total, namun Dark Purple mengatakan bahwa laptop akan bisa dipakai kembali setelah motherboard yang rusak itu diganti baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya