SOLOPOS.COM - Concored 2, pesawat dengan kecepatan tinggi. (Istimewa/Youtube)

Inovasi teknologi kali ini menghadirkan pesawat supersonic Concorde 2.

Solopos.com, LONDON – Concorde 2 adalah proyek lanjutan konsep pesawat Concorde yang dirilis 2003 silam. Pesawat generasi kedua ini diklaim memiliki kecepatan hingga 5.500 km per jam.

Promosi Antara Tragedi Kanjuruhan dan Hillsborough: Indonesia Susah Belajar

Dilansir Dailymail, Rabu (14/10/2015), desain pesawat itu bahkan telah dipatenkan. Diungkap, pesawat supersonik tersebut dikategorikan ke dalam jenis pesawat komersial pabrikan Airbus. Paten desain itu menjelaskan bahwa pesawat canggih ini tak hanya mampu melesat dalam kecepatan supersonik namun juga mampu mendarat dan take off secara vertikal.

Menariknya lagi, pesawat supersonik ini mampu melesat dalam kecepatan fluid dynamics sebanyak 4,5 kali lipat, yang mana mampu terbang dari London ke New York hanya dalam waktu satu jam.

Dilansir Liputan6, Rabu, Salah satu channel Youtube bernama Patent Yogi, membeberkan seperti apa isi dari pesawat supersonik yang diklaim memiliki kecepatan lebih dari roller coaster tercepat di dunia ini.

Dari paten desainnya, dijelaskan bahwa pesawat ini memiliki tiga mesin yang ditenagai formasi hidrogen berbeda, yang mana mampu berfungsi untuk mendorong mesin dalam kecepatan 3.425mph (5.500 km per jam).

Selain itu, pesawat ini juga dilengkapi mesin rocket motor yang mampu membawa pesawat ini terbang di atas ketinggian 100.000 kaki (30.000 meter). Terdapat pula mesinramjet yang ada di sayap pesawat sehingga mampu membantu pendorongan mesin jet ke kecepatan paling maksimal.

Pesawat ini dirancang secara aerodinamis untuk membatasi suara `sonic boom`, dimana mampu membuat suara yang dihasilkan saat terbang lebih `tenang` daripada pesawat Concorde. Namun, tidak seperti Concorde, desain paten pesawat supersonik ini hanya mampu menampung sekitar 20 penumpang. Tentunya, harga yang ditawarkan untuk menggunakan pesawat ini tidaklah murah.

“Pesawat ini, nantinya hanya akan digunakan untuk keperluan civil, business travel, dan penumpang VIP yang membutuhkan perjalanan transcontinental (pulang pergi lintas benua) hanya dalam waktu satu hari,” ungkap pihak Airbus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya