SOLOPOS.COM - Top Pay (Detik)

Inovasi teknologi gantungan kunc Top Pay bisa membayar parkir otomatis.

Solopos.com, JAKARTA — Para pengguna lahan parkir nantinya tak perlu lagi ribet ketika akan membayar. Tinggal klik saja tombol pada benda mungil seperti inovasi teknologi gantungan kunci.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti dikutip dari Detik, Kamis (28/7/2016), inovasi teknologi gantungan kunci itu diwujudkan Yudha Maulana A, Rendy Azhari, Muhammad Ikramullah dan Luthfi Azhari yang tergabung dalam tim developer X-Igent, melalui proyek bernama Top Pay.

Top Pay adalah perangkat yang dapat digunakan untuk transaksi cashless alias non tunai. Tak hanya cashless, Top Pay lebih jauh lagi dikembangkan ke arah tapless, swipeless dan less print.

“Jadi fungsinya sama seperti mesin EDC yang ada di merchant-merchant. Kita ganti teknologinya dengan Bluetooth 4.0. Kita kembangkan ini untuk mendukung gerakan non tunai. Penggunaannya dibuat lebih mudah, tidak perlu di tap atau swipe. Cukup tekan tombol,” kata Yudha mewakili timnya, saat presentasi di kantor Doku, Plaza Asia, Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (27/7/2016).

Dijelaskan Yudha, sistem inovasi teknologi Top Pay dibagi menjadi dua bagian, yakni perangkat pada sisi pengguna dan perangkat pada sisi merchant. Perangkat pada sisi pengguna berbentuk gantungan kunci sehingga dapat memudahkan melakukan pembayaran, dan memperkecil kemungkinan device Top Pay tertinggal ketika sedang berpergian.

Bukti pembayaran atau invoice dari transaksi Top Pay akan dikirimkan melalui email untuk mengurangi penggunaan kertas untuk cetak invoice. “Untuk awal-awal kita kembangkan prototype ini untuk digunakan pada sistem pembayaran parkir,” terang Yudha.

Prototype tersebut sudah diintegrasikan dengan beberapa API Doku yang disediakan pada mode development. Dengan demikian, sistem pembayaran terhubung ke dompet digital Doku, dan pengguna bisa melakukan top up saldo melalui akun Doku.

Masih dalam pengembangan, sistem ini disiapkan untuk dipakai dalam beberapa bulan lagi. “Yang kita kejar proximity. Bikin jadi lebih cepat, mudah dan enggak ribet. Enggak perlu buka kaca, tap. Tekan aja tombol di gantungan kuncinya. Bisa bayar dari jarak jauh,” jelas Yudha.

Proyek Top Pay sukses memikat juri kompetisi Indonesia Internet if Things (IoT) Challenge 2016 yang digagas Doku bekerja sama dengan developer hub asal Bandung DyCodeEdu.

Menjadi juara pertama, tim X-Igent mendapatkan uang tunai Rp15 juta, tiket perjalanan ke acara IoT internasional, dan dukungan untuk memonetisasi aplikasi dengan mentoring dan integrasi dengan layanan Doku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya