SOLOPOS.COM - Talk Type (Venturebeat)

Inovasi teknologi keyboard virtual Talk Type sedang dibikin Baidu.

Solopos.com, SOLO — Baidu diam-diam tertarik meramaikan inovasi teknologi virtual keyboard. Raksasa pencarian Internet asal Tiongkok itu baru saja merilis Talk Type, virtual keyboard yang diklaim bisa mengetik cepat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebagaimana dikutip dari Venture Beat, Selasa (26/7/2016), inovasi teknolgi keyboard virtual untuk perangkat Android itu memungkinkan pengguna memakai suara sebagai metode input utama.

Pengguna hanya perlu menyentuh ikon microphone yang terletak di tengah keyboard dan mulai berbicara. Kemudian Baidu akan langsung mengubahnya ke dalam bentuk teks. Baidu mengklaim aplikasinya cukup akurat menerjemahkan suara menjadi teks.

Seperti Google Keyboard, inovasi teknologi Talk Type juga memungkinkan pengguna mengetik langsung dengan jari. Ketika dalam mode voice input, Anda bisa memindahkan jari di sekitar area abu-abu untuk meng-highlight kata yang ingin dikoreksi.

Sayangnya, inovasi teknologi Talk Type tidak memungkinkan pengguna melakukan swipe di saat menggunakan mode virtual keyboard reguler. Virtual microphone akan berhenti menerjemahkan ke dalam teks, ketika ada jeda cukup lama.

Bagi sebagian pengguna, hal ini masih bisa diterima, asal perubahan dari suara ke bentuk teks bisa cepat dan akurat. Virtual keyboard menjadi area yang aktif dikembangkan akhir-akhir ini. Sejumlah nama besar tak mau ketinggalan membuat virtual keyboard versi masing-masing.

Apple baru-baru ini meningkatkan kemampuan Quick Type di IOS 10, Google punya Gboard untuk perangkat IOS dan Microsoft setelah mengakuisisi Swift Key, membuat Word Flow untuk IOS.

Di Android, pilihannya tak sebanyak di IOS, terutama untuk aplikasi virtual keyboard keluaran perusahaan besar. Kemungkinan karena keyboard pihak ketiga sudah cukup mendapat dukungan dan karena Google Keyboard sendiri cukup memuaskan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya