SOLOPOS.COM - Logo Android (JIBI/Dok)

Inovasi Pemkab Banyumas dalam melestarikan bahasa daerah antara lain dengan meluncurkan aplikasi kamus bahasa Banyumasan.

Kanalsemarang.com, PURWOKERTO-Pemerintah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, bersama Gedhe Foundation meluncurkan aplikasi Kamus Bahasa Banyumasan untuk telepon pintar berbasis Android.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Ini [aplikasi Kamus Bahasa Banyumasan] dalam rangka menyongsong muatan lokal berupa pelajaran Bahasa Banyumas untuk siswa SD, SMP, dan SMA yang akan dilaksakan mulai 2016,” kata Bupati Banyumas Achmad Husein, Rabu (28/10/2015).

Dengan demikian, kata dia, para siswa yang membutuhkan Kamus Bahasa Banyumas tidak perlu membeli di toko buka karena cukup mengunduh aplikasinya untuk dipasang pada telepon pintar.

Lebih lanjut, dia mengatakan pembuatan aplikasi Kamus Bahasa Banyumasan itu ditujukan untuk melestarikan bahasa Banyumasan dan mempermudah pemakaian.

Pimpinan proyek pembuatan aplikasi Kamus Bahasa Banyumasan dari Gedhe Foundation, Pri Anthon Subardio mengatakan bahwa kegiatan tersebut baru sebatas soft launching karena aplikasi yang diluncurkan masih versi alfa sehingga belum lengkap.

“Aplikasi yang sudah dapat diunduh secara gratis melalui ‘Google Play’ ini baru mengakomodasi 1.600 kosakata bahasa Banyumasan dan lama pembangunannya sekitar dua bulan. Ide pembangunan aplikasi ini sebenarnya sejak peluncuran slogan ‘Better Banyumas’ beberapa waktu lalu,” katanya.

Menurut dia, pembangunan aplikasi itu mendapat dukungan dari budayawan Ahmad Tohari terutama dalam perbendaharaan kosakata bahasa Banyumas.

Ia mengatakan pihaknya berencana untuk membuat aplikasi Kamus Bahasa Banyumasan itu untuk pengguna telepon pintar selain Android.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya