SOLOPOS.COM - Bus Hound bertenaga Biogas. (Descrier.co.uk)

Inovasi otomotif bus berbahan bakar gas dari kotoran sapi pecahkan rekor ngebut di Inggris.

Solopos.com, BEDFORD – Inovasi otomotif dilakukan oleh perusahaan bus di Bedford, Inggris. Dengan bahan bakar gas dari kotoran sapi (biogas), bus bernama Bus Hound itu dapat melesat hingga kecepatan 123,5 km/jam.

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

Seperti dilansir laman Descrier, Sabtu (23/5/2015), torehan kecepatan itu sekaligus menjadikan Bus Hound sebagai bus penumpang tercepat di benua Eropa. Asosiasi pencatat kecepatan kendaraan umum Inggris juga hadir di sirkuit Millbrook Proving Ground, Inggris untuk membukukan rekor baru tersebut.

Kepala asosiasi pencatat kecepatan kendaraan, Trevor Duckworth, mengaku rekor kecepatan Bus Hound bertenaga biomethane compressed natural gas itu cukup menarik. Sebab, kecepatan bus penumpang di benua Eropa umumnya hanya mencapai 90 km/jam meski menggunakan bahan bakar minyak.

Kepala teknisi inovasi otomotif Bus Hound, John Bickerton, mengatakan rekor kecepatan itu belum cukup. Ia sangat tertantang untuk menjadikan Hound Bus sebagai bus penumpang tercepat di dunia namun dengan bahan bakar yang ramah lingkungan.

“Kami sudah mencatatkan rekor baru yang membuat pabrikan bus lain kesulitan. Ya, tujuan kami adalah ingin membuang jauh kesan kotor, bau dan lambat dari Bus Hound. Bus kami modern, cepat dan inovatif,” ungkap Bickerton.

Bickerton menjelaskan bahan bakar gas itu terbuat dari kotoran sapi yang dipecah dalam proses anaerobic. Hasil dari proses itu kemudian dicairkan dan dikonversi ke bentuk gas. Gas itu kemudian disimpan dalam tujuh buah tangki yang terpasang di atap bus.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya