SOLOPOS.COM - Helm 6D. (Dailymail.co.uk)

Inovasi otomotif helm pelindung otak datang dari Amerika Serikat (AS).

Solopos.com, KALIFORNIA – Perusahaan helm asal AS, 6D, menciptakan inovasi otomotif berupa helm bersuspensi. Helm tersebut diklaim lebih baik dalam melindungi otak penggunanya ketika terjadi kecelakaan.

Promosi Yos Sudarso Gugur di Laut Aru, Misi Gagal yang Memicu Ketegangan AU dan AL

Seperti dilansir laman Dailymail, Kamis (12/11/2015), helm hasil inovasi otomotif itu juga diberi nama 6D. Setidaknya ada 27 suspensi berbahan karet yang diletakkan di rongga antara permukaan luar dan permukaan dalam helm tersebut.

Penemu helm 6D, Bob Weber mengatakan helm tersebut ia ciptakan atas rasa ketidakpuasannya terhadap helm yang saat ini umum digunakan.

“Kebanyakan helm didesain hanya untuk melindungi tengkorak, namun tidak cukup mengurangi risiko fatal pada otak saat terjadi benturan keras,” terang Weber.

Sedangkan pada helm 6D, Bob menjelaskan 27 suspensi itu bertumpu pada dua lapis busa. Penempatan titik suspensi pun berdasarkan riset. Alhasil, helm tersebut tidak hanya melindungi otak, namun juga jidat, pipi, dan kepala bagian belakang.

“Saat terjadi benturan, 27 pegas yang terbuat dari karet itu bekerja mengurangi dampak hentakan. Sedangkan busa-busa jenis EPS itu menyerap energi benturan,” beber Weber.

Helm unik hasil inovasi otomotif tersebut memang belum hadir di Indonesia. Tetapi di AS, helm itu dapat dibeli dengan harga US$700 atau sekitar Rp9,4 jutaan. Helm 6D hadir dalam tiga jenis, yakni untuk keperluan off road, jalanan aspal, dan bersepeda.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya