SOLOPOS.COM - Skutik listrik garapan Garasindo dan ITS dipamerkan di IIMS 2015. (Okezone.com)

Inovasi otomotif skutik garapan ITS-Garansindo hampir jadi dan mulai dipamerkan.

Solopos.com, JAKARTA – Hadir di pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015, PT Garansindo memamerkan inovasi otomotif berupa skuter matik (skutik) yang mereka garap bersama mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kendati sudah dipamerkan, hasil inovasi otomotif itu masih berstatus prototipe dan baru setengah jadi. Tetapi Garansindo mengklaim skutik bertenaga listrik itu dapat dioperasikan layaknya skutik yang dijual di Tanah Air.

“Skutik ini memang masih belum seutuhnya jadi, tapi sudah bisa dinyalakan untuk melihat kalau semuanya berfungsi dengan normal layaknya sepeda motor di pasaran,” ungkap CEO Garansindo Group, Muhammad Al Abdullah, seperti dilansir laman Okezone, Jumat (28/8/2015).

Abdullah mengatakan hampir seluruh komponen dari skutik yang hadir tanpa busana itu dibuat secara mandiri oleh mahasiswa ITS, kecuali ban, pelek, dan suspensi. Sedangkan untuk urusan baterai Lithium Ion, ia mengakui masih mendatangkannya dari luar negeri.

“Targetnya harus sudah jadi dan rapi Desember 2015. Biar setelah skuter listrik ini jadi bisa langsung diuji coba, lalu diproduksi massal,” imbuh dia.

Skutik yang disebut-sebut bakal menjadi sepeda motor nasional itu nantinya dijual di kisaran Rp15 jutaan. “Kalau lebih murah pasti orang mempertanyakan kualitasnya, maka kami jual sama biar bersaing,” terang Abdullah.

Sebelumnya dikutip Solopos.com dari laman Detik, desain skutik hasil inovasi otomotif anak bangsa itu telah dibocorkan ke Internet. Di bagian depan, tampak skutik listrik itu mengadopsi desain milik Peugeot. Sedangkan bodi belakangnya terasa mirip dengan lekukan pada skutik racikan Piaggio.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya