SOLOPOS.COM - Nissan Qashqai. (Nissan.com.au)

Inovasi otomotif mobil autopilot juga dikembangkan Nissan.

Solopos.com, JENEWA – Nissan mengumumkan akan terjun ke dalam arus inovasi otomotif mobil autopilot. Mobil pertama Nissan yang bakal memiliki kemampuan menyetir mandiri tanpa sopir dipastikan berbentuk SUV.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Seperti dilansir laman Autoguide, Senin (7/3/2016), pabrikan asal Jepang itu akan menggunakan SUV yang sudah ada, yakni Nissan Qashqai. Mobil tersebut akan ditanami sistem autopilot hasil inovasi otomotif Nissan yang diberi nama Piloted Drive 1.0.

“Nissan Qashqai sudah menjadi andalan kami dalam segmen Mini SUV di benua Eropa. Tentu konsumen akan penasaran dengan sensasi berkendara baru ketika mobil ini mendapat teknologi autopilot,” ungkap Presiden Nissan Eropa, Paul Willcox dalam presentasinya di pameran otomotif Geneva Motor Show 2016.

Kendati demikian Paul menyebut Qasqai autopilot baru bisa berjalan secara otomatis di jalanan bebas hambatan untuk saat ini. Sedangkan di jalanan biasa, sistem Piloted Drive 1.0 masih memerlukan campur tangan manusia.

Tetapi pada 2018, Paul menargetkan sistem tersebut dapat membuat mobil berpindah jalur secara otomatis serta menyalip atau menghindari objek dan kendaraan lain. Sedangkan penyempurnaan final diharapkan bisa selesai pada 2020.

Pengembangkan intensif mobil autopilot hasil inovasi otomotif Nissan akan dilakukan mulai 2017 mendatang. Jika berhasil, Nissan Qashqai dengan fitur canggih itu akan diproduksi massal di Sunderland, Inggris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya