SOLOPOS.COM - Beginilah tampilan Armadillo-T saat berada di KAIST, Daejeon, Korsel, Senin (2/9/2013). Bentuknya mungil dan minimalis sehingga tak butuh tempat parkir luas. (JIBI/Solopos/ Reuters/Kim Hong-Ji)

Solopos.com, SEOUL Permasalahan kemacetan dan keterbatasan lahan parkir yang terjadi di kota-kota besar menginspisari para peneliti di Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST), Daejeon, Korea Selatan (Korsel), menciptakan mobil listrik “cerdas”. Armadillo-T, demikianlah nama mobil yang dirancang untuk bisa melipat diri sehingga hanya butuh lahan parkir sempit.

Beginilah Armadillo-T melipat diri.

Beginilah Armadillo-T melipat diri. (JIBI/Solopos/ Reuters/Kim Hong-Ji)

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Seperti dilansir Kantor Berita Reuters, Senin (2/9/2013), pemilik mobil mungil dengan satu tempat duduk itu cukup memencet smartphone untuk memerintahkan mobil itu melipat diri. Cukup sekali klik melalui telepon pintar, mobil listrik konsep Armadillo-T bikinan Korsel ini akan terparkir dengan sendirinya.

Tak hanya itu, bagian belakang mobil ini juga akan secara otomatis melipat sendiri seperti tengah meringkuk, hingga panjangnya berkurang hampir separuh.Alhasil, jika Armadillo—yang diambil dari nama hewan trenggiling yang suka meringkuk—ini terlipat, tak perlu repot-repot mencari lahan parkir yang luas di tengah padatnya kota-kota di Korsel.

Mobil unik ini punya dua tempat duduk dengan panjang 2,8 meter. Jika dilipat, mobil ini Cuma memiliki panjang 1,65 meter. Mobil konsep ini bisa menempuh perjalanan sejauh 100 km setelah dicharge listrik selama 10 menit. Armadillo memiliki kecepatan maksimal 60 km/jam.

“Mobil ini bisa diparkir di mana saja, di sudut jalanan atau gedung, apartemen, mal maupun supermarket,” jelas Suh In-soo, seorang profesor dari Korea Advanced Institute of Science and Technology yang memimpin pengembangan Armadillo.

Namun Armadillo-T tidak diizinkan secara resmi berkelana di jalanan Korsel karena belum memenuhi sejumlah persyaratan terkait keselamatan penumpang. (JIBI/Solopos/Reuters)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya