SOLOPOS.COM - Sistem mobil autopilot racikan George Hotz. (Bloomberg.com)

Inovasi otomotif mobil autopilot buatan hacker dilirik Bos Tesla.

Solopos.com, SAN FRANSISCO – Seorang peretas (hacker) asal San Fransisco, Amerika Serikat, sukses meracik mobil autopilot seorang diri. Inovasi otomotif itu kini mendapat perhatian CEO Tesla, Elon Musk yang juga dijuluki Iron Man.

Promosi Alarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

Hacker bernama George Hotz itu sukses menciptakan inovasi otomotif sistem autopilot berbasis sedan Honda Acura ILX. Pada eksterior, Hotz memasang sejumlah kamera dan sensor laser untuk menangkap gambar objek di sekeliling mobil.

Masuk ke bagian kabin, Hotz menanamkan layar sentuh Dell 21,5 inci di bagian dashboard. Ia menyulap layar tersebut sebagai head unit dengan sistem operasi racikannya sendiri yang berbasis Linux Ubuntu.

Layar sentuh yang sejatinya dibuat untuk layar komputer desktop itu juga berfungsi untuk menampilkan gambar yang ditangkap kamera.

Uniknya, Hotz melepas tuas transmisi bawaan Acura ILX dan menggantinya dengan joystick yang umum untuk bermain game. Ia menjelaskan tombol pada joystick berguna untuk mengaktifkan fitur autopilot sekaligus mengendalikan arah laju mobil.

Secara fungsi, sistem autopilot karya Hotz mampu berjalan dengan baik di jalan bebas hambatan. Tetapi karena masih berupa prototipe, peletakan komponen-komponennya masih cenderung kurang rapi.

Kendati demikian, inovasi otomotif garapan pria berusia 26 tahun itu berhasil menarik minat Elon Musk. Dikutip dari laman Bloomberg, Senin (28/12/2015), Musk bahkan telah mengundang Hotz untuk bergabung dengan proyek mobil autopilot Tesla.

Tetapi penawaran Musk itu rupanya mendapat penolakan. “Terima kasih, saya menghargai penawaran yang diberikan. Tetapi saya sedang tidak mencari pekerjaan,” demikian balasan Hotz yang masuk ke email pribadi Elon.

Sebagai informasi, nama Hotz sebagai hacker mencuat setelah ia berhasil meretas sistem Iphone dan Play Station 3. Berkat kemampuannya itu, ia juga sempat menyicipi magang di kantor Google, Facebook, dan Spacex.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya