SOLOPOS.COM - Yamaha R1M (Autorevolution.com)

Inovasi otomotif dilakukan oleh Yamaha dengan menciptakan aplikasi Android  khusus untuk melakukan pengaturan terhadap motor sport Yamaha R1M.

Solopos.com, CALIFORNIA – Manufaktur otomotif dunia, Yamaha, membuat inovasi otomotif untuk menunjang performa motor sport Yamaha R1M. Yamaha menciptakan aplikasi khusus di platform Android yang memungkinkan motor untuk terhubung dengan perangkat mobile.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Yamaha menjadi pengembang aplikasi bernama Y-TRAC. Aplikasi ini sudah dapat diunduh di situs penjualan perangkat lunak, App Store.

Tampilan aplikasi Y-TRAC. (Playstore)

Tampilan aplikasi Y-TRAC. (Playstore)

Seperti dilansir laman Autoevolution, Senin (23/3/2015), Manajer Pemasaran Yamaha Amerika Serikat (AS), David Docktor, mengungkapkan inovasi otomotif berupa aplikasi Android Y-TRAC memungkinkan pengguna Yamaha R1M terhubung dengan motornya. Lebih jauh, pengguna bahkan dapat melakukan setting mesin layaknya para pembalap di ajang Moto GP.

“Aplikasi sistem Y-TRAC ini eksklusif karena bisa memungkinkan pengendara untuk berhubungan langsung dengan motor R1M mereka. Sebuah pengalaman yang belum pernah dialami sebelumnya di luar ajang balapan pabrikan,” jelas David.

David menuturkan, dengan menginstal aplikasi itu pada smartphone, pengguna R1M dapat langsung terkoneksi dengan sistem Yamaha Ride Control (YRC) melalui Cummunication Control Unit (CCU).

Untuk melakukan pengubahan setelan pada mesin, pertama-tama pengguna dapat terlebih dahulu mengajak Yamaha R1M mereka berjalan dengan performa tinggi untuk beberapa saat. Seperti diketahui, Yamaha R1M dibekali mesin 998 cc DOHC empat silinder segaris dengan tenaga maksimal sebesar 200 hp.

Data performa yang terekam pada YRC dapat diunduh dan dianalisis dengan aplikasi tersebut. Disaat yang bersamaan, setelan mesin juga bisa dilakukan dengan menggeser parameter yang ditampilkan aplikasi tersebut. Hasilnya kemudian dapat diunggah lagi ke YRC dan seketika Yamaha R1M melakukan perubahan setelan secara otomatis.

Berbagai parameter mesin yang dapat diutak-atik meliputi putaran mesin (RPM), posisi bukaan gas, putaran roda depan dan belakang, posisi transmisi, sudut kemiringan, tekanan rem, hingga suhu cairan pendingin mesin.

Aplikasi Android hasil inovasi otomotif itu juga dapat digunakan untuk memantau beberapa fitur keselamatan sekunder yang disematkan pada Yamaha R1M, yakni Traction Control, Slide Control, Lift Control, Launch Control, dan rem Anti-Lock Brake System (ABS).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya