SOLOPOS.COM - Tata Nano berteknologi autopilot. (Autoevolution.com)

Inovasi otomotif datang dari mobil murah berfitur autopilot di India.

Solopos.com, NEW DELHI — Seorang pria di India berhasil menciptakan inovasi otomotif berbekal mobil murah Tata Nano. Ia membuat mobil seharga 216.000 rupee atau sekitar Rp42 juta itu memiliki fitur autopilot.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Inovasi otomotif mobil Tata Nano yang mampu berjalan tanpa sopir itu diciptakan oleh seorang ilmuwan robotik Roshy John. Ia ingin membuktikan bahwa mobil berfitur autopilot tidak harus mahal.

Seperti dilansir laman Autoevolution, Senin (29/2/2016), selain karena menyandang status mobil termurah sejagat, mobil Tata Nano dipilih Roshy lantaran letak mesinnya yang berada di bagian belakang.

“Dari sekian banyak mobil di India, saya memilih Tata Nano selain karena murah adalah karena layout-nya. Dengan mesin di belakang, saya jadi leluasa meletakkan banyak sensor di bagian depan mobil,” ungkap Roshy.

Sama seperti mobil autopilot Google Car, mobil inovasi otomotif besutan Roshy juga mengandalkan GPS dan kamera untuk melaju di jalan raya. Bedanya, Roshy menggunakan sistem lebih rumit lantaran transmisinya masih model manual.

Mobil satu-satunya Tata Nano berfitur autopilot itu sudah menjalani tes hampir di seluruh kota di India. Kendati hasilnya positif, Roshy menyebut mobil ciptaannya masih jauh dari sempurna.

Tetapi yang jelas, sistem autopilot hasil inovasi otomotifnya itu bersifat portable atau dapat dilepas-pasang dan dipindah ke mobil-mobil lainnya. Video hasil percobaan mobil Tata Nano autopilot ciptaan Roshy dapat dilihat di Youtube pada alamat berikut ini: https://www.youtube.com/watch?v=5mPanjv50TM&feature=youtu.be

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya