SOLOPOS.COM - OS Android Auto pada Hyundai Sonata terhubung dengan ponsel Android. (Autoevolution.com)

Inovasi otomotif dilakukan Hyundai dengan menanam OS Android pada mobilnya.

Solopos.com, CALIFORNIA – Hyundai Motor Company  melakukan inovasi otomotif pada mobil Hyundai Sonata terbaru. Mobil asal Korea Selatan itu kini menjadi mobil pertama yang ditanami operating system (OS) Android Auto.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti dilansir laman Autoevolution, Rabu (27/5/2015), inovasi otomotif berbasis Android Auto yang saat ini terpasang pada Hyundai Sonata merupakan jawaban Google kepada rivalnya, yakni Apple dengan OS Car Play-nya.

Meski memiliki basis OS yang berbeda, Android Auto dan Car Play sama-sama memiliki fungsi untuk memudahkan pengendara mobil melakukan kegiatan yang biasa dilakukan pada ponsel tanpa mengurangi konsentrasi saat berkendara.

Pada head unit Hyundai Sonata, Android Auto dapat diakses lewat layar sentuh berukuran delapan inci. Dengan fitur perintah suara (voice command), pengemudi dapat mengakses sistem navigasi GPS dan memutar musik tanpa perlu mengalihkan pandangan dari jalan.

Bagi pengguna smartphone Android Lollipop, mereka juga dapat memindahkan tampilan ponselnya ke layar head unit tadi. Namun demi keselamatan berkendara, Google hanya membatasi fitur itu untuk membaca SMS, email, dan melakukan panggilan suara.

“Dengan Android Auto, kami memberikan pengalaman menikmati teknologi tercanggih  kepada para konsumen kami. Kami juga bangga menjadi yang pertama menerapkan teknologi ini,” ungkap Dave Zuchowski, Senior Manager Hyundai Motor America.

Dikutip dari laman Automotivenews, OS Android Auto dikembangkan Google sejak 2014. Dalam proyek pengembangan itu Google membentuk organisasi Open Automotive Alliance (OAA) yang beranggotakan 24 merek mobil dari seluruh dunia.

Dijadwalkan, seluruh anggota OAA akan menikmati Android Auto pada pertengahan 2016.

Hyundai juga menawarkan pemasangan Android Auto gratis kepada seluruh pemilik mobil Hyundai Sonata lansiran 2014 dan 2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya