SOLOPOS.COM - Paten sasis serat karbon BMW Motorrad. (Motorcyclenews.com)

otomotif sasis serat karbon membuat bobot motor lebih ringan.

Solopos.com, MUNICH – Di saat para pabrikan sepeda motor berlomba-lomba mengembangkan sasis aluminium, BMW Motorrad justru memilih melakukan inovasi otomotif dengan menciptakan sasis berbahan serat karbon.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti dilansir laman Motorcyclenews, Rabu (24/8/2016), sejauh ini sudah ada dua sasis berbahan serat karbon yang diciptakan BMW Motorrad. Pertama adalah jenis beam frame yang untuk digunakan pada motor gede (moge) tipe sport seperti S1000RR.

Ekspedisi Mudik 2024

Sedangkan sasis kedua berbentuk teralis tabung berongga yang cocok digunakan pada moge tipe adventure, cruiser, maupun model dengan kapasitas mesin di bawah 1.000 cc.

Menurut BMW, inovasi otomotif sasis serat karbon dapat mengurangi bobot sepeda motor secara keseluruhan hingga 40 persen. Sedangkan dari segi kekuatan dan kekokohan, bahan tersebut jauh lebih baik ketimbang aluminium.

Sebagai informasi, BMW merupakan pelopor dalam penggunaan bahan serat karbon pada kerandaan produksi massal. Awalnya material tersebut digunakan dalam pembuatan mobil hybrid BMW I8 dan I3.

Dengan mulai diterapkannya inovasi otomotif tersebut pada sepeda motor, itu menandakan BMW sudah menemukan racikan yang pas untuk membuat bahan serat karbon dengan ongkos rendah namun tanpa mengurangi kualitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya