SOLOPOS.COM - Ilustrasi aerodinamika ban bersirip Yokohama. (Autoblog.com)

Inovasi otomotif datang dari ban bersirip racikan Yokohama.

Solopos.com, TOKYO – Pabrikan ban asal Jepang, Yokohama, mengumumkan telah menciptakan inovasi otomotif berupa ban bersirip. Ban tersebut diklaim membuat konsumsi bahan bakar mobil lebih irit.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Seperti dilansir laman Autoblog, Senin (19/10/2015), Yokohama dalam siaran resminya menjelaskan ban bersirip hasil inovasi otomotifnya itu mampu memecah hambatan angin yang mengarah ke bodi samping mobil.

Pemecahan angin itu dilakukan oleh sirip-sirip tipis berpola diagonal yang mengitari permukaan dinding luar ban mobil. Akan tetapi tidak dijelaskan ukuran detail tebal dan tinggi sirip-sirip tersebut.

Dalam ilustrasi yang diunggah Yokohama, ban biasa hanya memiliki dua titik aerodinamika, yakni di bagian atas dan bagian tengah. Sedangkan ban bersirip memiliki satu titik tambahan, yaitu di ban bagian bawah.

Dengan semakin banyaknya titik aerodinamika, maka tenaga yang disemburkan mesin dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Imbasnya mobil mampu berjalan lebih kencang namun dengan konsumsi bahan bakar yang lebih irit.

Kendati demikian, pabrikan ban yang bermarkas di Yokohama, Jepang, itu mengatakan ban bersirip tersebut masih berstatus prototipe dan tidak akan diproduksi massal dalam waktu dekat.

Nantinya ban mobil hasil inovasi otomotif itu akan dipamerkan dalam pameran otomotif Tokyo Motor Show (TMS) yang digelar 28 Oktober 2015 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya