SOLOPOS.COM - Paten Honda untuk AC khusus sepeda motor. (Bikeadvance.com)

Inovasi otomotif AC untuk sepeda motor diciptakan Honda.

Solopos.com, TOKYO – Kabar gembira datang bagi pengendara motor (biker) yang kerap mengeluh kepanasan selama berkendara. Tidak lama lagi akan hadir inovasi otomotif unik berupa penyejuk udara atau AC khusus sepeda motor.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti dilansir laman Bikeadvice, Senin (30/5/2016), inovasi otomotif AC khusus biker itu diciptakan oleh Honda Motor Company di Jepang. Dimensinya sangat ringkas serta mudah dibawa dan dilepas pasang (portable).

Dalam paten desain terlihat AC motor Honda berbentuk kotak dengan kover berupa tas yang dilengkapi ritsleting. Cara kerjanya cukup sederhana, udara dari luar dihisap melalui lubang intake yang terletak pada sisi samping AC.

Udara tersebut selanjutnya ditampung dalam ruang pendingin berisi kristal es batu yang dapat diisi ulang baru kemudian disemburkan ke arah leher dan dada biker melalui lubang pada bagian atas.

Pada motor sport naked dan fairing, AC portable itu dapat diletakkan di tangki bensin. Sedangkan untuk motor bebek dan skuter matik (skutik) dapat diletakkan di jok belakang. Sementara pengoperasiannya cukup dengan baterai AA.

Tidak disebutkan secara spesifik kapan AC portable untuk sepeda motor itu diproduksi massal. Honda hanya menjanjikan bahwa inovasi otomotifnya itu akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Sebagai informasi, AC untuk sepeda motor sebenarnya bukanlah hal baru. Perangkat serupa pernah diciptakan oleh perusahaan Entrosys dan diberi nama Bikeair. Tetapi dimensinya cukup besar, seukuran penyedot debu. Pemakaiannya juga kurang ringkas, udara ditiupkan melalui selang yang dimasukkan ke dalam jaket khusus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya