SOLOPOS.COM - Kreasi mahasiswa UNY, Upik Abu, tisu aromaterapi dari ampas tebu. (JIBI/Harian Jogja/IST)

Harianjogja.com, SLEMAN-Mahasiswa asal Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Nuraini Fauziah dan Exwan Andriyan Verrysaputro dari program studi (prodi) Pendidikan Bahasa Jawa Fakultas Bahasa dan Seni, Andina Puspita dari prodi Pendidikan Kerajinan Fakultas Bahasa dan Seni serta Novita Isti Khomah, dari prodi Pendidikan Fisika Fakultas MIPA menyatakan proses pembuatan tisu aromaterapi dari ampas tebu sederhana. Berikut cara pengolahannya.

Andina Puspita, menjelaskan mengenai tahap produksi tisu ampas tebu itu. Tahap pertama ampas tebu dibersihkan dengan cara merendamnya dengan air panas, kemudian diaduk sampai bersih dan direndam kembali. Setelah selesai baru dikeringkan. Pembuatan tisu dimulai dengan menghilangkan empulu dengan cara menumbuk ampas tebu sampai tinggal seratnya. Kemudian tumbukan ampas tebu tersebut dimasak menggunakan asam asetat dan air.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Begitu proses pemasakan selesai, adonan dicuci menggunakan air bersih agar kandungan asam asetat dalam ampas tebu tersebut habis. Selanjutnya memisahkan serat mandiri ampas tebu menjadi serat serat halus yang dilakukan dengan cara disintegrasi, lalu serat halus ampas tebu disaring dan dikeringkan.Dari sini kemudian serat halus ampas tebu dibuat lembaran kertas tisu dengan memperhatikan ketebalannya. Langkah terakhir ditambahkan parfum sebagai aromaterapi. Selain itu tisu aroma terapi “Upik Abu” juga dibuat dengan aroma-aroma tertentu seperti buah sehingga menambah kesegaran ketika digunakan

“Harapan ke depan, dengan adanya Upik Abu akan menjadi motivasi bagi mahasiswa untuk berinovasi dan berwirausaha. Selain itu, kami berharap Upik Abu menjadi brand tisu yang terkenal dan kami akan patenkan” harap Andina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya